Dapat Tugas Khusus Tangani Covid-19, BPJS Kesehatan Makassar Koordinasi Dengan TKMKB

  • Whatsapp
Dapat Tugas Khusus Tangani Covid-19, BPJS Kesehatan Makassar Koordinasi Dengan TKMKB

 

Dapat Tugas Khusus Tangani Covid-19, BPJS Kesehatan Makassar Koordinasi Dengan TKMKB

Bacaan Lainnya

Makassar, Upeks.co.id- BPJS Kesehatan diberikan tugas khusus oleh Pemerintah untuk melakukan verifikasi klaim Covid-19. Hal ini disampaikan oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Donni Hendrawan, Kamis (16/04).

“BPJS Kesehatan siap melaksanakan penugasan ini, pengalaman melaksanakan verifikasi klaim yang akuntabel, transparan sesuai dengan prinsip good governance, sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh BPJS Kesehatan khususnya selama mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” katanya.

Donni menambahkan berkas klaim pasien Covid 19 yang dapat diajukan oleh rumah sakit adalah yang dirawat sejak tanggal 28 Januari 2020 dan diharapkan rumah sakit menyiapkan berkas pendukung klaim dengan baik.

“Walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini, kami terus bekerja dan tetap melakukan koordinasi dengan Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (TKMKB) Provinsi Sulawesi Selatan. Berbagai hal kami diskusikan antara lain pelayanan Program JKN-KIS di era pandemi Covid-19, optimalisasi Program Rujuk Balik (PRB), dan pembahasan dispute Medis yang ada di Sulawesi Selatan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua TKMKB Provinsi Sulawesi Selatan Irawan Yusuf mengatakan apresiasi terhadap penugasan khusus pemerintah kepada BPJS Kesehatan untuk verifikasi klaim pasien Covid-19.

“Sudah pas sekali jika BPJS Kesehatan yang ditunjuk sebagai instansi yang memverifikasi klaim Covid-19 ini karena pengalaman menjalankan Program JKN-KIS. Tapi kami harap BPJS Kesehatan betul-betul bekerja dengan baik secara profesional menyelesaikan klaim Covid-19 ini sesuai dengan target maksimal 7 (tujuh) hari, karena kita tahu bahwa BPJS Kesehatan juga tetap harus memverifikasi klaim peserta Program JKN-KIS,” ucapnya.

Untuk diketahui, Kementerian Kesehatan telah menetapkan 8 rumah sakit rujukan penanganan pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan, RS tersebut tersebar di Makassar dan beberapa di antaranya berada di kabupaten kota. Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah juga telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang penetapan 46 rumah sakit penyangga rujukan penanganan pasien Virus Corona atau Covid-19 di Sulawesi Selatan. (Jamkesnews)

Pos terkait