Ahmad Yusrianto; Makassar Sudah Saatnya Bentuk Rumah Sakit Darurat Covid-19

  • Whatsapp
Ahmad Yusrianto; Makassar Sudah Saatnya Bentuk Rumah Sakit Darurat Covid-19

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kota Makassar merupakan epicentrum penyebaran virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Selatan (Sulsel). Seiring dengan bertambahnya pasien Covid-19 setiap hari.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menyarankan Pemerintah Kota Makassar untuk membentuk rumah sakit darurat Covid-19.

Bacaan Lainnya

Tujuannya sambung Yurianto, yakni menjadikan kompleks rumah sakit tersebut menjadi wilayah karantina.

“Jadi tidak dibutuhkan ruang isolasi tetapi seluruh komplek diisolasi. Bisa menggunakan asrama haji,” kata Yurianto, di Group WhatsApp berbagi Informasi Covid-19, Minggu (7/6/2020).

Menurut dalam rumah sakit Covid, pasien yang dirawat dibagi dua ruangan. untuk kasus positif PCR dalam satu tempat. Pasien PDP yang belum PCR di tempat terpisah lainnya. Jika PDP hasil PCR negatif segera pindahkan ke rumah sakit lain. Jika positif dipindahkan ke bagian positif.

Kasus PCR positif di rumah sakit lain yang gejalanya sedang ringan, pindahkan semua ke rumah sakit darurat. “Rumah sakit darurat diawaki SDM gabungan TNI POLRI dan relawan,” tandas Yurianto.

Yurianto menegaskan, Covid-19 adalah bencana nasional. Pemerintah Kota Makassar harus bisa belajar dari Jakarta di awal Mei dan Surabaya Minggu lalu.

“Manajemen bisa meniru rumah sakit darurat Covid Wisma Atlit Jakarta,” tegas Yurianto. (Rasak).

Pos terkait