Pasien Positif Corona di RSUD Lakipadada Tator Bertambah, Komentar Berthy Mangontan

Pasien Positif Corona di RSUD Lakipadada Tator Bertambah, Komentar Berthy Mangontan

 

Pasien Positif Corona di RSUD Lakipadada Tator Bertambah, Komentar Berthy Mangontan

Bacaan Lainnya

TATOR,UPEKS.co.id— Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja kembali umumkan kasus terkonfirmasi
positif terpapar Covid-19 di wilayah Tana- Toraja (Tator), Sulsel.

Dengan demikian, sudah tiga orang positif Covid-19 di RSUD Lakipadada, setelah Wakil Bupati Toraja, Victor  Datuan Batara sebagai pasien kedua.

Pasien ketiga positif Covid-19 di Tator ini adalah seorang laki-laki berusia 63 tahun domisili Kelurahan Bombongan  Kecamatan Makale Tator..

Demikian Koordinator Posko Media Center Satgas Covid-19 Berthy Mangontan didampingi Direktur RSUD  Lakipadada dr. Syafari Mangopo dan Plt Kadis Kesehatan Mariana Belo, Rabu (21/4/2020) pada wartawan  melalui jejaring WhatsApp dari Posko Media Center Satgas Covid-19 Makale,Tana-Toraja.

Dokter Syafari Mangopo menjelaskan, melalui Koordinator Pisko Media Center Satgas Covid-19 Berthy  Mangontan, pasien ketiga terkonfirmasi positif ini berdasarkan hasil pemeriksaan real time Polymerase Chain  Reaction (PCR) Swab yang diterima RSUD Lakipadada dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan Provinsi Sulsel,
Selasa (21/4/20) sore kemarin.

“Pasien ini memiliki riwayat perjalanan dari Bandung, Jawa Barat, awal Maret 2020 lalu, untuk menghadiri seminar  ke Agamaan di Hotel Lembang Asri, Kabupaten Bandung Barat”, ujar dr. Syafari.

Syafari mengatakan, pasien juga diketahui sempat dirawat di RS Sinar Kasih Makale pada tanggal 21 hingga 27  Maret 2020 dengan keluhan sakit maag, hipertensi dan badan lemas.

“Tanggal 16 April 2020, pasien tersebut menjalani rapid test dengan hasil positif, lalu dilanjutkan pengambilan sampel Swab pada tanggal 18 April 2020,” urai dr.Syafari Mangopo.

Masih menurut Syafari, sampel Swab dikirim ke Makassar bersama 16 sampel lainnya dengan rincian 7 sampel  orang positif rapid dan 10 sampel OTG (Orang Tanpa Gejala).

“10 sampel OTG ini merupakan sampel dari orang yang kontak langsung dengan pasien pertama,” urai Syafari  Mangopo.

Hasil Swab terhadap 17 sampel tersebut diketahui selasa sore 21 April 2020. Dari 17 sampel Swab yang diterima  RSUD Lakipadada,. 16 diantaranya dinyatakan negatif Covid-19.

Ketiga pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tator saat ini sedang dirawat di ruang isolasi RSUD Lakipadada.

Satgas Covid-19 Tana Toraja sedang melakukan langkah-langkah dalam rangka memutus mata rantai  penyebaran virus di lingkungan masyarakat.

“Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan Tracking terhadap riwayat kontak Pasien positif  tersebut,” tukas Syafari Mangopo. (yustus).

Pos terkait