DKP Festival Pangan Lokal Non Beras, Kecamatan Masamba Juara Satu

  • Whatsapp
DKP Festival Pangan Lokal Non Beras, Kecamatan Masamba Juara Satu

DKP Festival Pangan Lokal Non Beras, Kecamatan Masamba Juara Satu

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Bupati Luwu Utara(Lutra), Sulawesi-Selatan(Sulsel) membuka festival pangan lokal
non beras di halaman Kantor Bupati Lutra. Kegiatan ini dalam rangka Hari Perempuan Internasional (HPI) dan  diikuti beberapa daerah di Tana Luwu, Rabu(11/3/2020).

Bacaan Lainnya

Bupati Lutra, Hj. Indah Putri Indriani mengatakan, festival ini upaya sangat strategis dalam mempercepat  penganekaragaman konsumsi pangan berbasis B2SA, yaitu beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Kita sangat apresiasi kegiatan festival ini. Kita ingin mendorong masyarakat untuk memanfaatkan pangan lokal  yang tumbuh disekitar kita yang menjadi sumber pangan B2SA,” kata Indah Putri Indriani.

Makanan bergizi dan seimbang yang diolah dengan bahan pangan lokal, kata dia, jangan dianggap sesuatu yang  murahan.

“Karena pangan lokal jika diolah sedemikian rupa juga dapat menghasilkan menu yang beraneka ragam dan rasa  yang tidak kalah serta bisa mengobati penyakit,”katanya.

Dengan adanya kegiatan tersebut, lanjut Indah diharapkan mampu memberikan dorongan kepada masyarakat  untuk melakukan diversifikasi makanan dengan mengurangi ketergantungan bahan pangan tertentu seperti beras  dan bahan pangan impor.

“Maka itu masyarakat perlu terus diberikan pemahaman dan diarahkan untuk menerapkan pola konsumsi  beragam, bergizi, dan aman,” jelas Bupati.

Ditempat terpisah ditemui Ketua TP PKK Kecamatan Masamba, Andi Cece Ajie Saputra mengatakan bahwa, kami  Kecamatan Masamba tak menyangka mendapat juara I (satu) festival pangan non beras.

” Dalam olahan pangan yang kami sajikan rendang jengkol dan semur jengkol dengan minuman pencegah virus  corona, alhamdulillah kami Kecamatan Masamba juara Pertama(satu),” ungkapnya.

Dan di urutan ke dua Kecamatan Sukamaju Selatan, kemudian juara ke tiga Kecamatan Rampi.

Dalam penyerahan hadiah Sekda Lutra Armiady didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan(DKP) Alauddin  Sukri menyerahkan piala kepada para pemenang lomba festival pangan lokal non beras di Hari Perempuan  Internasional(HPI). (yustus)

Pos terkait