Makassar,Upeks.co.id— Sulawesi masih menjadi pilihan wisata baik turis lokal maupun manca negara, keindahan alam menjadi daya tarik sendiri.
Event 5th Celebes Travel Mart (CTM) 2019 yang diadakan di Makassar mulai 28-30 November 2019 hadir menjawab kebutuhan wisata tersebut.
Celebes Travel Mart (CTM) 2019 adalah pameran wisata antar pengusaha (business to business) yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel bekerjasama Asosiasi Agen Perjalanan dan Wisata Indonesia (Asita) Sulsel.
Event tersebut dihadiri oleh Buyers seluruh Indonesia, perwakilan Dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Sulsel, asosiasi-asosiasi Pariwisata Sulsel, General Manager Hotel dan lainnya.
Berbeda dengan CTM di tahun-tahun sebelumnya, di CTM 2019 yang diadakan di Kota Makassar ini akan mempromosikan sejumlah destinasi wisata baru yang ada di Sulawesi khususnya Sulsel.
Ketua DPD ASITA Sulsel, Didi Leonardo Manaba mengungkapkan, Celebes Travel Mart (CTM) merupakan momentum untuk mencoba menghubungkan dan mempromosikan pariwisata Sulsel khususnya destinasi wisata baru ke luar.
“Kami berharap para buyers di CTM ini melihat potensi-potensi baru di Sulsel, di antaranya Lantebung, Lakkang dan Rammang-rammang,” ungkapnya saat membuka event 5th CTM tahun 2019, di Hotel Claro Makassar, Kamis (28/11/2019).
Ketua Umum DPP Asita, Nunung Rusmiati menambahkan, sudah saatnya agent traveller harus bergerak bersama-sama pemerintah pusat maupun daerah untuk memajukan pariwisata di Indonesia khususnya di Sulsel.
“Sebanyak 7.000 travel agent di Indonesia, kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, jadi Asita harus menggandeng pemerintah. Jadi, sudah saatnya semua asosiasi bersatu untuk menggairahkan dan memajukan pariwisata di Indonesia, utamanya di Sulsel,” tandasnya.
Sementara itu, Anggiat Sinaga selaku Ketua BPD PHRI Sulsel, mengemukakan, saat ini Sulsel fokus menggarap wisata halal sehingga ketika nanti ada pasar dari wisata halal, Sulsel bisa menggaransi kepada wisatawan-wisatawan yang di bawa oleh para buyers.
“Ada dua hal atau point penting yang ingin saya sampaikan kepada para buyer yang hadir di CTM 2019 ini. Yang pertama, Makassar ada “paradise of Culinary”. Kedua, seluruh Hotel di Sulsel mempunyai harga yang affordable sehingga bisa menambah margin profit para buyers,” katanya.
Di tempat yang sama, Staf Ahli Gubernur Sulsel, Andi Hasbi mengatakan, potensi budaya dan alam Indonesia timur khususnya Sulsel sangatlah indah. Sehingga menjadi tugas Pemprov Sulsel bersama Asita, PHRI dan buyers untuk menghadirkan destinasi wisata yang indah dan nyaman kepada wisatawan yang berkunjung ke Sulsel.
“Kami tengah mengupayakan memperbaiki infrastruktur yang ada di Sulsel, agar destinasi unggulan Sulsel menjadi spot pariwisata terbaik di Indonesia. Kami juga sedang membenahi akses dan sistem transportasi yang jadi keluhan para wisatan. Untuk itu, kami berharap CTM dapat menjadi lokomotif pembangunan wisata di Sulsel,” pungkasnya.(*)