Ratusan UMKM Sulsel Ikut Pemberkasan Legalitas PIRT, Merk dan Sertifikasi Halal

  • Whatsapp

Ratusan UMKM Sulsel Ikut Pemberkasan Legalitas PIRT, Merk dan Sertifikasi Halal

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel terus mendorong penguatan daya saing para pelaku UMKM di daerah ini.

Bacaan Lainnya

Sedikitnya, terdapat 140 pelaku UMKM yang ikut langsung dalam kegiatan bimbingan teknis, terkait peningkatan daya saing produk dan legalitas usaha.

Kegiatan tersebut, berlangsung selama sehari penuh, di Hotel Denpasar Makassar, Selasa (2/7/2019). Kegiatan tersebut resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd Malik Faisal.

Dominan, pelaku UMKM yang ikut kegiatan bergerak pada sektor usaha makan minum dan kuliner. Mereka sekaligus mengikuti pemberkasan legalitas Produk Industri Rumah Tangga (PIRT), Merk dan Sertifikasi Halal.

“Kita tentu berharap dengan kegiatan ini, UMKM bisa naik kelas dan produknya tetap berdaya saing. Sehingga nantinya, mereka mampu mengakses kesempatan dan potensi pasar yang terbuka lebar,” kata Abd Malik Faisal.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yakni dari Dinas Kesehatan Kota Makassar, Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulsel, serta dari LP POM MUI Sulsel.

Sementara itu, Kepala Bidang UKM, Abd Azis menambahkan, selama dua tahun terakhir, pihaknya sudah memfasilitasi 68 UMKM untuk mendapatkan sertifikasi halal. Sedang dari Kementerian Koperasi dan UKM, memfasilitasi sebanyak 25 UMKM. (eky)

Pos terkait