Retribusi Parkir Sumbang PAD Lebih100% per Tahun

  • Whatsapp

Retribusi Parkir Sumbang PAD Lebih100% per Tahun

ENREKANG,UPEKS.co.id – Salah Satu Sumber Pendapat Asli Daerah ( PAD) Kabupaten Enrekang adalah berasal dari Dinas Perhubungan.

Bacaan Lainnya

Dinas yang dipimpin oleh Muzakkir sebagai Kadisnya melalui retribusi parkir mampu menyumbang PAD setiap tahun diatas target pencapaian yang telah  ditentukan.

Pada tahun 2018 lalu, retribusi parkir berhasil menyumbang PAD sebesar Rp 373.504.000. Hal itu mencapai 100,95 persen dari target yang telah ditentukan
oleh Bappeda yakni hanya sebesar Rp 370 juta.

Hasil sebesar itu bersumber dari tujuh lokasi parkir di Enrekang yaitu area parkir pasar sentral Enrekang, pasar Cakke, pasar Baraka, pasar Sudu, pasar Cendana,
pasar Maiwa, Rumah Sakit Umum Daerah Maspul dan Lokasi Wisata Permandaian Alam Lewaja.

” Tahun 2018, jumlah retribusi kita paling tinggi yaitu Rp 373,5 juta ini melampaui target yang diberikan kepada kita yakni hanya Rp 370 juta”. Hasrian Latman,
Kepala Seksi Terminal dan Perparkiran Dinas Perhubungab Kabupaten Enrekang.

Wanita yang akrab disapa Nani ini menjelaskan jumlah retribusi parkir tahun 2018 jauh lebih besar jika dibandingkan gengan jumlah PAD retribusi parkir tahun
2017 yang hanya berjumlah Rp. 291.261.500 saja.

” Terlihat peningkatannya jauh ya, sebab tahun 2017 itu kita hanya ditarget Rp 170 juta tapi ternyata kita mampu realisasikan hingga mencapai Rp 291.261.500.
Itu artinya bisa tembus hingga 162,72 persen”. Pungkasnya.

Terpisah, Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Transfortasi Dishub Kabupaten Enrekang, Rasjid Rachkanta mengatakan peningkatan tersebut adalah berkat  kerja Tim yang maksimal fan ditambah dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat untuk memarkir kendaraan mereka ditempat parkir yang telah  disiapkan petugas parkir.

Namun menurutnya faktor lain yang menyebabkan PAD dinifang retribusi perparkitan meningkat adalah karena semakin banyaknya  jumlah kendaraan baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

” Ini adalah faktor penyebab meningkatnya PAD dibidang retribusi parkiran. Ditambah masyarakat yang sudah semakin sadar untuk membayar uang parkir pada  petugas parkir”. Kata Rasjid yang juga mantan Lurah Juppandang ini. ( Sry)

Pos terkait