Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Gowa Luncurkan SP4N LAPOR

  • Whatsapp

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkab Gowa Luncurkan SP4N LAPOR

GOWA, UPEKS.co.id– Salah satu wujud nyata keseriusan pemkab Gowa dalam meningkatkan kualitas pelayanan
publik dibuktikannya dengan diluncurkannya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)  melalui Layanan Aspirasi Online Rakyat (LAPOR) oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut ditandai dengan mengklik tombol mouse, oleh Bupati Gowa didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten  Gowa, H Muchlis di Baruga Karaeng Pattingalloang, (6/5/2019) siang.

Adnan dalam sambutannya mengatakan, dalam rangka mendorong peningkatan kinerja pemerintah yang lebih  berorientasi pelayanan berbagai langkah perbaikan terus dilakukan. Salah satunya yakni dengan cara perbaikan  pelayanan publik yang lebih cepat dan efisien.

“Pelayanan publik yang cepat dan efisien ini dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan melalui  penguatan partisipasi masyarakat melalui pengaduan pelayanan publik, sehingga diperoleh pengelolaan  pelayanan publik yang baik,” ujarnya.

Dijelaskannya, seiiring dengan kemajuan tekhnologi, pengelolaan pengaduan pelayanan publik tidak dapat lagi  dilakukan secara manual. Pengaduan publik saat ini melalui aplikasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat  (LAPOR) sebagai aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola pengaduan publik nasional yang terintegrasi dan  keberlanjutan dalam suatu mekanisme.

“Olehnya itu, dengan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara online, tentunya masyarakat sudah  sangat mudah dalam mengakses dan menyampaikan keluhannya kepada kita sebagai penyelenggara layanan  apabila terdapat ketidaksesuaian pelayanan yang diberikan,” jelas orang nomor satu di Gowa.

Dia berharap dengan hadirnya SP4N LAPOR ini setiap pengaduan nantinya akan segera mendapatkan respon  dari Pemkab Gowa sebagai penyelenggara layanan.

Kepala Bagian Ortala Setkab Gowa, Alimuddin Hakim, mengatakan semua masyarakat jika ingin melapor silahkan  kirim SMS dengan format yang telah ditentukan, karena dengan adanya Lapor ini segala bentuk pengaduan akan  ditindaklanjuti dengan cepat oleh SKPD terkait, pasalnya setiap SKPD telah ada pejabat penghubung lapor untuk  mempercepat pengaduan masyarakat.

“Jadi paling lama pengaduan masyarakat akan diproses 1 X 24 jam, dimana 12 tindaklanjut laporan dari admin  yang diteruskan ke pejabat penghubung skpd, setelah itu akan diberikan lagi waktu 12 jam untuk ditindaklanjuti  oleh pimpinan SKPD sehingga 24 jam itu sudah harus selesai,” ungkapnya, Senin (29/4).

Dijelaskan Alimuddin, sebuah tindak lanjut pengaduan merupakan hal yang paling penting, karena disaat  masyarakat ingin mengadu terhadap sebuah layanan, maka tugas pemberi layanan untuk menyelesaikan  pengaduan ini.

Tak hanya itu, Alimuddin membeberkan SP4N-LAPOR ini terkoneksi dengan pemerintah pusat langsung, sehingga  segala bentuk pengaduan akan terlihat dan terpantau berapa banyak pengaduan dan tindaklanjut dari pengaduan  itu sendiri. (Sofyan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *