ANEKA

Kapolsek Apresiasi Kampung Ramadhan di Desa Sukamaju

LUTRA,UPEKS.co.id– Bulan Ramadan penuh rahmat. Beragam cara dilakukan warga Sukamaju untuk  meramaikan bulan penuh berkah, Suci dan rahmat serta ampunan tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan warga Desa Sukamaju Kecamatan Sukamaju dengan membuat “kampung  ramadhan” yang berlokasi disepanjang bundaran dekat Kantor Desa Sukamaju dan Kantor Kecamatan Sukamaju.

Camat Sukamaju, Fajar bersama Kepala Desa Sukamaju H. Muh Jannatu penggagas kampung Ramadan  mengatakan , Ide menghadirkan Kampung Ramadan setiap bulan Puasa tercetus pada 2017 lalu yang digagas  Camat Sukamaju Namun ide itu baru terlaksana pada 2018 dan 2019 ini.

“Kegiatan Menghadirkan Kampung Ramadan ini bisa terselenggara karena adanya kolaborasi antara masyarakat  dan Pemerintah Desa setempat yang dipelopori Camat Fajar,” tutur Muh Jannatu pada media ini, Jumat  (10/5/2019).

Lorong 5 dusun Sukamaju desa Sukamaju kita sulap menjadi pasar rakyat yang meramaikan kampung Ramadan.

Mereka sebagian besar adalah warga setempat, dan sebagian dari desa lain yang di Kecamatan Sukamaju.

Untuk menambah daya tarik pengunjung di kampung Ramadhan Sukamaju, pada bagian atas di lokasi Kampung  Ramadan dihiasi dengan kertas warna-warni. Tidak itu saja pihak penjual juga membunyikan music religi dari HP nya untuk menghibur warga yang datang.

“ Tidak muluk-muluk sih, mudah-mudahan ini menjadi inspirasi untuk desa lain, syukur-syukur kecamatan bahkan  Kabupaten,” katanya

Hosting Unlimited Indonesia

Dikatakan Jannatu, di Kampung Ramadhan tersebut, setiap menjelang adzan Ashar berkumandang, sejumlah  lapak-lapak pedagang sudah mulai terlihat untuk bersiap-siap jualan makanan khas buka puasa.

“Satu persatu makanan dan minuman dipersiapkan untuk memenuhi hasrat masyarakat yang tengah mencari  panganan berbuka seperti berjualan es teller, es cendol, gorengan, es campur sampai camilan-camilan bakar  seperti sosis dan bakso, kolak tetap tersedia dan laris diburu pembeli,” tuturnya.

Untuk pengunjung Kampung Ramadhan Sukamaju sendiri tidak hanya warga desa setempat, tapi juga banyak  yang datang dan belanja warga luar desa Sukamaju.

Ditempat terpisah Kapolsek Sukamaju Ipda Kawaru mengapresiasi Kampung Ramadhan di desa Sukamaju.

“ Kemarin selepas Ashar, saya jalan-jalan sudah tampak dipenuhi makanan dan minuman, serta masyarakat yang  datang dari berbagai wilayah di Kecamatan Sukamaju yang ingin mencari takjil berbuka puasa. Sebagian besar  makanan dan minuman yang disajikan di kampung Ramadhan Sukamaju tampak kekinian dan publik bisa jalan-  jalan ke kampung ramadhan desa Sukamaju,” ungkap Ipda Kawaru.

Kapolsek Sukamaju menambahkan, menurut informasi dari Kepala Desa Sukamaju Muh Jannatu, Kampung  Ramadan ini buka dari jam 15.00 WITA hingga 18.30 WITA. Layaknya pasar pada umumnya, di Kampung  Ramadan ini menyiapkan sandang dan pangan juga.

” Ipda Kawaru berharap, Kampung Ramadhan ini bisa membawa keberkahan untuk kita semua khususnya warga Sukamaju jaga ketertiban dan keamanan,” pungkasnya.

Dan nanti sore pukul 16.00 Wita serahterimah jabatan dari Kapolsek Sukamaju(Lama) ke Kapolsek Sukamaju  yang baru, Ipda Kawaru di halaman Polsek Sukamaju.(yustus).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top