MAKASSAR CITY

Kajati Minta Kejari Laporkan Hasil Penyidikan Kasus Ipal

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulsel Tarmizi meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar melaporkan hasil penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pematangan lahan dan pemagaran, yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

“Saya minta dilaporkan dulu ke sini (Kejati Sulsel). Nanti kita akan schedule kan untuk ekspos. Karena kaasus itu ditangani Kejari Makassar,” kata Tarmizi, Minggu (12/5/19).

Tujuan ekspos itu kata Tarmizi, untuk mengetahui apa yang menjadi kendala, di dalam penanganan kasus tersebut. Dalam hal menyangkut teknis, apakah sudah sesuai dengan kontrak dan aturan spesifikasinya.

“Apakah ada perubahan spek, kalau memang ada perubahan. Kita minta diuji dari ahli teknis. Saran saya waktu itu adalah, tolong diuji dari ahli teknis Kemeterian PU untuk lebih objektif, ” ucap Tarmizi.

Hosting Unlimited Indonesia

Tarmizi menuturkan, jika sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan hasil progres penanganan kasus ini. Kalau laporannya sudah ada, rencana akan diekspos bersama di Kejati.

Diketahui proyek pematangan lahan dan pemagaran tersebut, telah menghabiskan anggaran APBD Kota Makassar tahun 2016-2017, sebesar Rp8 miliar. Dari belasan miliar total anggaran yang dikucurkan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar.

Lahan tersebut rencananya dipersiapkan dan akan diperuntukkan, sebagai lokasi proyek pembangunan IPAL (Instalasi Pengelolaan Air Limbah) Kota Makassar.

Namun faktanya rencana persiapan lahan IPAL, tersebut tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan Pemkot Makassar. Mulai dari persoalan sengketa lahan hingga tak tuntasnya, pengerjaan pematangan lahan dan pemagaran di lokasi tersebut.

Berdasarkan pantauan di lokasi proyek terlihat tumpukan dan timbunan material jenis Sirtu (Pasir Batu) yang tak digunakan. Serta sisa bongkaran pagar beton.

Berdasarkan hasil perhitungan ahli teknik, ditemukan indikasi kerugian negara akibat pekerjaan proyek tersebut sebesar Rp5 miliar lebih.(Jaya)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top