ANEKA

Teknik Sistem Perkapalan Unhas dan Pesantren IMMIM Pelatihan Robot

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Untuk mengembangkan wawasan dan keterampilan,Teknik sistem perkapalan Unhas
kerjasama Pondok Pesantren IMMIM laksanakan pelatihan komputasi dan otomasi robot 20-21 April.

Kegiatan yang dilaksanakan pagi hingga sore itu berlangsung di ruang IT Pondok Pesantren IMMIM kampus II  Moncongloe. Hari pertama, Ir Rahimuddin ST., MT., PhD selaku ketua tim pelaksana Unhas menyampaikan materi  dasar pemprograman Arduino dan mikrokontroller, penerapannya dalam berbagai peralatan penting, serta penerapannya dalam revolusi industri 4.0.

Dosen Unhas itu dibantu otiga mahasiswa. Pelatihan dilakukan dengan konsep teori dan praktik langsung pada  robot kendaraan penggerak roda dua dan empat dengan membagi peserta dalam lima kelompok.

Dikoordinasikan Nur Ahmad Syahid ST selaku pembina pengembangan bidang teknologi dan inovasi pondok  pesantren IMMIM. Peserta dibagi dalam lima kelompok masing-masing terdiri atas 4 siswa dan diberikan satu unit  robot.

Hosting Unlimited Indonesia

Hari kedua, peserta diberikan materi robot yang dapat menghindar dari objek yang berada dihadapannya, robot  kendali menggunakan perintah sinyal infrared, dan robot yg dapat mengikuti garis secara otomatik.

Selama kegiatan berlangsung, siswa mengikuti kegiatan dengan antusias, berbagai pertanyaan dan masalah yang ditemukan saat latihan didiskusikan bersama sehingga siswa merasakan keterlibatan dalam menyusun algoritma  kendali robot.

Di akhir kegiatan, Ir. Rahimuddin memotivasi peserta belajar dan bersungguh-sungguh mengembangkan  kemampuan di bidang robot dan Otomasi sebagai modal dalam persaingan di era industri 4,0.

 

Selanjutnya, dia memberikan beberapa perangkat robot kit beserta modul latihan dan e-book serta software  simulasi yang dapat membantu siswa dan pembina mengembangkan pengetahuan robotika dan otimasi.

Trkait kegiatan itu, Nur Ahmad Syahid memberikan sertifikat dan plakat mewakili direktur pesantren IMMIM dan  berpesan agar menjadikan pelatihan ini sebagai momentum bagi pondok mengembangkan inovasi di bidang robotika. (rls).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top