SULAWESI SELATAN

Selayar Mulai Bahas Peran Tol Laut

Selayar, Upeks.co.id–Ini Forum Group Discussion. Temanya: Gerai Maritim. Digelar oleh Dinas Dinas Koperasi, Perdagangan, Perindustrian dan UKM Selayar. Di Reyhan Resto. Sabtu (6/4/19).

Diskusi dipimpin Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, Perindustrian dan UKM, Drs. Hizbullah Kamaruddin. Dihadiri OPD terkait, LSM, pelaku usaha, dan beberapa kepala desa.

Hizbullah mengatakan, kehadiran tol laut sedapat mungkin dimanfaatkan maksimal. Karena melihat cost pengiriman dari Makassar ke Selayar sangat murah.

Disamping itu kita berupaya bagaimana bisa kapal tol laut dapat dimanfaatkan mendistribusi hasil bumi dari Selayar ke Makassar sebagai muatan balik. Program ini bertujuan untuk disparitas harga.

Hosting Unlimited Indonesia

Kabid Laut Andi Caco Amras, dalam kesempatan itu mengatakan, keberadaan tol laut adalah wujud dari data potensi kabupaten yang ada. Dimana melihat data pertanian, perkebunan dan perikanan yang cukup tinggi. Sehingga Dirjen perhubungan Laut mengeluarkan SK No. UM.002/109/2/DJPL_18 tanggal 14 Desember 2018 dan mengoperasikan kapal milik negara KM. Kendhaga Nusantara 4. Kapal ini melayani trayek T7 rute Makassar – Benteng – Jampea – Psr. Wajo – Raha – Makassar.

Andi Caco menambahkan, keberadaan tol laut dapat dimanfaatkan mengirim kebutuhan masyarakat, kebutuhan pokok penting, hasil produksi Usaha Kecil Menengah (UKM), hasil pertanian, hasil perkebunan, hasil perikanan, hasil perindustrian dan juga hasil pertambangan.

Beberapa peserta menyarankan agar perlu sosialisasi tentang sistematis pengangkutan barang, kejelasan tarif port to port atau tarif dor to dor, kesiapan sarana prarana bongkar muat barang.

Pemerintah juga akan bekerjasama dengan LSM-LSM dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk bisa membeli barang-barang yang didatangkan dari pelabuhan pangkal untuk kemudian dijual kembali kepada masyarakat sehingga harga jual bisa lebih murah.(rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top