ANEKA

PBG Gowa Gelar Diklat Bagi Guru Inti

GOWA, UPEKS.co.id— Guna meningkatkan Kompetensi guru yang ada, Dinas Pendidikan Gowa, melalui Pusat  Belajar Guru (PBG) bekerjasama Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach (PSF-SDO)
kembali melatih guru-guru inti PBG Gowa, Selasa hingga Sabtu (12-16/3/2019) di gedung Diklat Kabupaten Gowa.

Lembaga ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai bentuk pengembangan diri yang  dilaksanakan secara mandiri, terstruktur dan berkesinambungan.

Pada lokakarya kali ini di ikuti 38 orang guru inti di buka oleh Kadis Pendidikan Gowa, Dr Salam ini diadakan  selama lima hari ini, nantinya guru inti dilatih menjadi fasilitator yang handal oleh fasilitator dari PSF-SDO Agus  Sampurno dan Agastya Yogiswara Wahyudyatmika.

Agus Sampurno menjelaskan, tujuan lokakarya kali ini adalah membuat silabus pelatihan bagi guru inti dan rapat  kerja menyusun RKAPB 2019 bagi pengelola.

Sementara itu, Abdul Karim selaku Ketua PBG Gowa, mengatakan, secara umum pelatihan yang dilakukan  selama lima hari itu tidak berbeda dengan pelatihan-pelatihan sebelumnya. kalaupun ada yang berbeda adalah  fasilitator untuk guru inti yang menjadikan pelatihan bermakna.

Hosting Unlimited Indonesia

” Harus diakui PSF mengelola pelatihan dengan cara yang berbeda dengan lembaga pelatihan lain. PSF memiliki  standar dan prinsip kerja dengan komitmen yang tinggi,” kata Abdul Karim berharap PBG sebagai lembaga yang  dilatih khusus oleh PSF harus mewarisi tata kelola tersebut.

Namun lokakarya kali ini dirasakan berbeda oleh para guru inti. Menurut Fitriah, salah satu guru inti mengatakan  pelatihan kali ini lebih terasa berkesan, banyak pesan moral, tips dan trik serta motivasi yang diberikan oleh fasiliator.

” Pengerjaan silabus jauh lebih ringan dan terarah karena dikerjakan secara berkelompok dan tersedia  bank data,” jelas Fitriah.

Hal sama dikatakan Labbiri juga guru inti. Menurutnya lokakarya kali ini berbeda, lebih menginspirasi,  mencerahkan dan mencerdaskan.

“Terkait ilmu kepribadian, gaya belajar dan tipikal kecerdasan sesuatu yang baru, kenali dirimu sebelum mendidik  muridmu. LK yang kreatif, ice breaking yang mengesankan serta video pembelajaran tersedia pada bank data.  Pelatihan yang dahsyat dan menggugah,” ucapnya.

Pada kegiatan itu juga, guru inti kembali membagikan survey kebutuhan peningkatan kapasitas guru di Kabupaten  Gowa.

Di ruang yang berbeda pengelola bersama fasilitator PSF-SDO Agastya Yogiswara Wahyudyatmika mengatakan,  rapat kerja menyusun RKAPB PBG Gowa tahun 2019 adalah salah satu cara untuk menertibkan adminitrasi PBG  Gowa serta menjamin keberlangsungan PBG Gowa ke depan. (sofyan)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top