LPM UMI Workshop Penyusunan Dokumen SPMI

  • Whatsapp

LPM UMI Workshop Penyusunan Dokumen SPMI

MAKASSAR,UPEKS.co.id—Keberhasilan UMI menyandang status terakreditasi A akhir tahun 2018 lalu tidak  terlepas dari kerjasama segenap komponen perguruan tinggi dalam membangun budaya mutu. Budaya mutu ini
menjalar melalui Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, demi keberlangsungan peningkatan mutu yang berkelanjutan maka Lembaga Penjaminan Mutu  UMI melaksanakan Workshop Penyusunan Dokumen SPMI Tingkat Prodi yang dihadiri para Wakil Dekan I, para  Ketua Program Studi, dan para Pengendali Sistem Mutu Fakultas/Program Pascasarjana (PSMF/P) tanggal 27-28  februari 2019 di hotel Grand Asia Makassar.

Rektor UMI Prof. Dr. Basri Modding, SE., M.Si, mengatakan pentingnya kerjasama semua pihak dan komitmen  pimpinan disemua lini, unit dan lembaga dalam mewujudkan pelaksanaan penjaminan mutu dan membangun  budaya mutu di UMI.

Terkait kegiatan ini, Ketua LPM UMI, Prof. Dr. Ir. Abdul Makhsud, DEA menyampaikan harapannya bahwa setelah  mengikuti kegiatan workshop ini para peserta yang merupakan para ujung tombak perencana dan pelaksana mutu  di lini terdepan memiliki pemahaman dalam menetapkan standar mutu.

“Diharapkan dapat melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan meningkatkan standar mutu (PPEPP)  sebagai syarat dalam siklus SPMI. Dengan demikian seluruh komponen dan pimpinan di UMI mampu menjalankan  dan mengimplementasikan SPMI sehingga terbangun budaya mutu,” ujar alumni Fak. Teknik UMI ini.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri Prof. Dr. H. Mansyur Ramly, SE., M.Si Ketua Dewan Pembina Yayasan  Badan Waqaf UMI tentang Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yaitu akreditasi baik nasional  maupun internasional.

Prof. Mansyur mengungkapkan, dalam era revolusi industri 4.0 layanan internal dan lintas organisasi disediakan  dan dimanfaatkan oleh berbagai pihak melalui internet (internet untuk segala) maka Lembaga Penjaminan Mutu  wajib melakukan penguatan mutu berbasis teknologi informasi.

“Semua data direkam dan dapat diakses secara online yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi pihak  internal maupun eksternal,” katanya.

Pemateri lain, Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UMI Prof. Dr. Ir. Abdul Makhsud, DEA, paparkan Penerapan  SPMI di UMI. Lalu Dr. Ir. Anis Saleh, MT., IPM., ASEAN.Eng, membahas Penyusunan Manual SPMI.

Hadir pula Syamsuddin Yani, ST., MT., IPM., ASEAN.Eng yang berbagi perspektif tentang metode Penyusunan  Standar SPMI, Dr. Fatmah Afrianty Gobel, SKM., M.Epid, menyampaikan materi Audit Mutu Internal serta Dr. Ir.  Andi Asni, MP.

Pemateri dan fasilitator yang dihadirkan merupakan fasilitator wilayah SPMI Direktorat Pembelajaran dan  Kemahasiswaan Kemenristekdikti yang sehari-hari mengemban amanah sebagai pejuang mutu di UMI. (rls).

Pos terkait