SULAWESI SELATAN

Ribuan Hektar Tambak Terdampak Banjir, Kerugian Ditaksir Capai Rp6 M

PANGKEP, UPEKS.co.id — Ribuan hektar tambak atau empang terendam banjir yang terjadi beberapa waktu lalu di Pangkep.

Kepala dinas perikanan Pangkep, Andi Farida menyebut, ada tujuh wilayah kecamatan yang tambaknya terdampak banjir.

Tujuh kecamatan itu, Kecamatan Pangkajene, Kecamatan Bungoro, Kecamatan Labakkang, Kecamatan Segeri, Kecamatan Mandalle, Kecamatan Marang dan Kecamatan Minasatene.

“Luas lahan tambak yang terdampak banjir sebanyak 1.424 hektare. Adapun total kerugian terhadap pembudidayaan tambak hingga saat ini mencapai Rp6,2 miliar,”jelasnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Lanjutnya, kerugian tidak hanya pada komoditi seperti udang dan ikan. Akan tetapi, kerugian timbul akibat kerusakan yang terjadi pada bagian pematang, pintu air maupun mesin pompa.

Lebih lanjut disampaikan Andi Farida, petambak yang mengalami kerugian akan memperoleh ganti rugi. Olehnya itu, pihaknya telah menurunkan petugas perikanan untuk melakukan pendataan terhadap petambak yang merugi dan memperoleh asuransi nelayan.

“Bagi petambak yang merugi akibat gagal panen, memperoleh asuransi hingga Rp5juta per hekatrenya. Namun, itu hanya berlaku bagi pemegang kartu asuransi tersebut. Kita tetap data secara keseluruhan, baik pemegang kartu asuransi maupun yang beluk miliki kartu. Bagi yang belum miliki kartu kita akan koordinasikan terlebih dahulu dengan Dinas Perikanan Provinsi,” jelasnya.(Sah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top