PSIT Gelar Salat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Kurban

PSIT Gelar Salat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Kurban

 

Pangkep,Upeks.co.id– Persatuan Syiar Islam PT Semen Tonasa (PSIT) menggelar salat Idul Adha 1445H, di halaman Kantor Pusat PT Semen Tonasa, Senin (17/6/2024). Bertindak sebagai Imam salat Idul Adha yakni Dzulfadli dan Khatib Ramli Bakka.

Bacaan Lainnya
 

Pelaksanaan salat Idul Adha yang mengangkat tema “Jejak Cinta Nabi Ibrahim, Antara Palestina dan Makkah” ini dihadiri Direktur Utama (Dirut) PT Semen Tonasa, Asruddin, Direktur Operasi Mochamad Alfin Zaini serta jajaran manajemen PT Semen Tonasa dan masyarakat sekitar. .

Dalam materi khutbahnya, Ramli Bakka menyampaikan bahwa Idul Adha akan selalu mengajak umat Islam kembali mengenang dan tertegun pada sosok manusia mulia bernama Ibrahim. Sang kekasih Allah, ayahanda para nabi dan rasul. Satu sosok manusia yang nilai dan kadar kemuliaannya di sisi Allah SWT setara dengan sebuah umat.

Jejak kisah cinta Nabi Ibrahim AS yang terbentang antara Bumi al-Quds Palestina hingga Tanah Suci Makkah, betapa banyak jejak teladan yang telah diukir oleh Ayahanda para nabi itu. Betapa banyak pesan yang selalu saja relevan untuk dititipkan kepada kita semua yang berjalan menata
hidup di akhir zaman yang semakin pelik ini.

Pertama, dalam jejak kisah cintanya yang panjang itu, Nabi Ibrahim ‘alaihissalam mengajarkan kepada kita: betapa pentingnya nilai sebuah keluarga. Betapa berharganya simpul kecil yang terdiri dari ayah, ibu dan anak itu. Keluarga tidak sekadar sebuah simpul ikatan sosial, tapi keluarga adalah jejak penghambaan dan ibadah kepada Allah SWT.

Kedua, Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, Sang Kekasih kinasih Allah Azza wa Jalla itu telah mengajarkan kepada kita bahwa derajat kemuliaan di sisi Allah SWT, bukan barang murahan yang dapat diraih dan digenggam oleh siapa saja. Akan banyak ujian yang terangkai di sepanjang perjalanannya.

Mengakhiri khutbahnya, Ramli pun mengingatkan tentang syariat qurban yang waktu penyembelihannya adalah seusai pelaksanaan shalat Idul Adha hingga tiga hari tasyriq setelahnya. Pembagian hewan kurban yang telah disembelih dapat dibagi tiga bagian, sepertiga buat pemiliknya, sepertiga
buat hadiah dan sepertiga buat sedekah kepada fakir miskin.

Setelah pelaksanaan salat Idul Adha, diselenggarakan pemotongan hewan kurban yang pelaksanaannya disaksikan langsung oleh Dirut PT Semen Tonasa, Asruddin.(rls)