Memasuki Musim Pancaroba, Aliyah Mustika Ilham dan Kemenkes RI Ajak Masyarakat Terapkan Germas

Memasuki Musim Pancaroba, Aliyah Mustika Ilham dan Kemenkes RI Ajak Masyarakat Terapkan Germas
MAKASSAR,  UPEKS.CO.ID — Memasuki musim pancaroba, Kementerian Kesehatan RI bersama Anggota Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham menggajak masyarakat kota Makassar untuk melakukan Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dalam pengendalian vector dan binatang pembawa penyakit.
“Berharap masyarakat dapat menerapkan gerakan masyarakat hidup sehat, apalagi saat ini memasuki musim penghujan, biasanya berbagai wabah penyakit merebak, dikarenakan kondisi lingkungan yang kurang bersih, mari bersama menjaga kualitas lingkungan sekitar, karena sangat mempengaruhi kualitas kesehatan diri secara menyeluruh,” tutur Aliyah Mustika Ilham.
Kegiatan ini di gelar di STIE Amkop, Makassar, Senin (15/01/2024), dan dihadiri oleh tokoh masyarakat yang diharapkan nantinya dapat mengajak masyarakat di lingkungan sekitar masing-masing untuk selalu siap sedia menghadapi berbagai kemungkinan yang ada.
Kegiatan ini menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan Prov SUlsel, dr DR Ishaq Iskandar M.Kes, selaku narasumber bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin, M.Kes, serta dari Kementerian Kesehatan RI yakni Kasubag Administrasi Umum Direktorat Survelens dan Kekarantinaan, Husni Mochtar,SKM,MPH.
Dalam kesempatan yang sama Kadis Kesehatan Kota Makassar, dr Nursaidah Sirajuddin mengingatkan untuk memperhatikan kondisi dalam rumah, agar tidak ada tempat yang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti pembawa virus penyakit demam berdarah.
“Salah satu tempat yang sering luput, yakni dispenser, biasanya dibawah tempat keluarnya air dispenser sering terdapat air yang mengenang, dan kadang luput untuk dibersihkan,” tuturnya.
Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat lebih teliti dan memperhatikan setiap sudut rumah, keadaan drainase di sekitar rumah masing-masing, ataupun wadah air agar tetap dalam kondisi tertutup. (Mimi)