Survey Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan DPM PTSP Sulsel 2023 Meningkat

Survey Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan DPM PTSP Sulsel 2023 Meningkat

MAKASSAR, UPEKS.co.id— Tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Selatan pada semester I 2023 masuk dalam kategori BAIK atau MEMUASKAN.

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dilakukan secara mandiri ini untuk mengukur sistem pelayanan yang sudah diberikan DPM PTSP Provinsi Sulsel kepada masyarakat penerima layanan.

Bacaan Lainnya

Adapun hasil SKM pada semester I 2023 ini menyebutkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan perizinan di DPM PTSP Provinsi Sulsel mencapai angka 85,81, atau meningkat jika dibanding hasil survey pada semester I tahun 2022 lalu yang hanya sebesar 78,53.

Survey Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan DPM PTSP Sulsel 2023 Meningkat
SKM DPM PTSP Sulsel. Grafik hasil SKM penyelenggaraan pelayanan publik di DPM PTSP Provinsi Sulsel.

“Angka ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perizinan. Secara umum masih berada pada kategori BAIK,” kata M Said Wahab, Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan DPM PTSP Sulsel, Kamis (21/12/2023).

Survey Kepuasan Masyarakat Atas Pelayanan DPM PTSP Sulsel 2023 Meningkat

Dalam survey tersebut, terdapat sembilan dimensi pelayanan yang menjadi indikator survey. Masing-masing meliputi Dimensi Persyaratan Layanan, Dimensi Prosedur Layanan, Dimensi waktu Pelayanan, Dimensi Biaya Pelayanan, Dimensi Produk Pelayanan, Dimensi Kompetensi Pelaksana, Dimensi Prilaku Pelaksana, Dimensi sarana dan Prasarana, serta Dimensi Pengaduan.

Dari sembilan indikator yang menjadi dimensi survey, hasilnya terus mengalami peningkatan kepuasan dari masyarakat. Hanya saja, indikator yang perlu menjadi perhatian khusus adalah Dimensi Waktu Pelayanan.

Menurut Said Wahab, secara keseluruhan, survey tersebut sudah sangat baik untuk dijadikan dasar dalam memperbaiki penyelenggaraan pelayanan publik. “Hasil survey ini akan menjadi rujukan kami untuk lebih optimal. Kami akan menindaklanjuti saran dan masukan dari responden,” katanya.

Sementara Kepala Seksi Pengaduan Perizinan Penanaman Modal/ Analis Ahli Hukum Muda, Abdi Azis menjelaskan, survey ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki layanan pada semua sektor perizinan di DPM PTSP Sulsel.

“Tahun ini kami melakukan survey secara mandiri dengan melibatkan masyarakat yang sudah menerima layanan di DPM PTSP Provinsi Sulawesi Selatan,” pungkas Abdi. (*)