Politisi Sederhana, Didikan Orang Tua yang Guru Mengaji

Politisi Sederhana, Didikan Orang Tua yang Guru Mengaji

Caleg Nomor 1 Partai Demokrat dari Dapil Sulsel 2, H Ni’matullah, SE., Ak

 

Bacaan Lainnya
 

Ni’matullah lahir di Makassar, 9 September 1965. Tepatnya di Lorong 132 A Jalan Tinumbu–kini dikenal dengan Jalan Tinumbu Dalam—di lingkungan perkampungan Kelurahan Layang, Kecamatan Bontoala.

Secara geografis, Kawasan ini adalah sudut pinggiran bagian utara Kota Makassar. Wilayah yang sejak dulu dikenal sebagai daerah padat penduduk. Di samping dikenal sebagai daerah “Keras.”

Umumnya, mereka yang bermukim di Kawasan ini adalah mereka yang berasal dari kepulauan di Pangkep termasuk Segeri dan Labbakkang.

Ayahnya, Asrul Rahim Bone adalah seorang pamong. Ia pernah menduduki jabatan sebagai Lurah di Kelurahan Camba Berua, Kecamatan Ujung Tanah.

Di luar sebagai pamong, ia juga seorang tokoh agama. Asrul adalah Ketua Cabang Muhammadiyah Layang Parang. Kesehariannya, ia adalah seorang guru mengaji.

Ibunya, Halimah Ni’matullah adalah seorang ibu rumah tangga. Waktunya dihabiskan untuk mendidik anak-anaknya, terutama Pendidikan karakter. Di samping itu, ia juga seorang guru mengaji. Tapi, khusus mengajar kaum hawa.

Ketulusan dan keikhlasan kedua orang tua dalam bekerja menjadi berkah doa yang mengalir ke anak-anaknya, termasuk Ni’matullah. Didikan kedua orang tua yang agamis membentuk karakter Ni’matullah yang sederhana, gampang bergaul, dan hidup berbagi.

“Di kalangan keluarganya, tak ada yang pernah membayangkan, Ni’matullah akan menapaki jalur politik. Meski darah politik sebenarnya mengalir dalam dirinya,” ucap Zainal Abidin, Kerabat Dekat Ni’matullah.

Kakeknya, Haji Ni’matullah—bapak dari ibunya, Halimah Ni’matullah–juga pernah menduduki jabatan Wakil Ketua DPRS Sulawesi Selatan. Dengan demikian, sejarah akan mencatat, Lembaga legislative Sulawesi Selatan pernah dipimpin dua orang bernama H. Ni’matullah.

Satu pada era DPRS dan satu pada era reformasi. Keduanya memiliki hubungan darah; Kakek dan Cucu. (mah)