Aktif Organisasi Sejak SMP, Ni’matullah Layak ke DPR RI

Aktif Organisasi Sejak SMP, Ni'matullah Layak ke DPR RI

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Menjadi wakil rakyat butuh kemampuan bicara dan berargumentasi. Kemampuan tersebut biasanya tidak diperoleh lewat bangku sekolah tapi lewat organisasi.

Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, H. Ni’matullah, SE punya modal yang cukup kalau terkait pengalaman organisasi. Oleh karena itu, sangat wajar jika jabatan dan karier politiknya juga terus menanjak. Saat ini, ia tengah mempersiapkan dirinya ke pusat atau anggota DPR RI.

Bacaan Lainnya
 

Sejak kecil Ni’matullah mulai membekali diri. Bukan hanya melalui Pendidikan formal, tetapi juga tempaan organisasi. Ni’matullah memulai sejak bangku SMP dengan bergabung di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM).

Tahun 1981, ia sudah menjadi pengurus cabang Layang IPM. Ni’matullah tidak hanya menggeluti organisasi ekstra. Akan tetapi, ia juga aktif di organisasi intra sekolah, khususnya OSIS.

Saat SMA, ia pernah menjabat Sekretaris Umum OSIS SMAN 4 Makassar. Memasuki jenjang kuliah, Ni’matullah lulus di Fakultas Ekonomi Unhas, jurusan Akuntansi.

Jurusan yang selalu tercatat memiliki peminat paling tinggi selain rumpun Kedokteran–sejak era UMPTN. Praktis, persaingan untuk lulus juga sangat ketat. Tapi Ni’matullah berhasil melalui itu.

Bukan hanya fokus kuliah, di kampus, ia juga aktif berorganisasi. Selain Muhammadiyah, ia juga aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Pada 1988, Nimatullah sudah menjadi anggota dan instruktur HMI Cabang Makassar.

Di lingkungan kampus, prestasi dan organisasi Ni’matullah juga tidak kalah mentereng. Ketua Umum Senat Mahasiswa (SEMA) FE-Unhas dijabatnya pada 1989-1990. Lepas dari jabatan Senat Fakultas, ia dipercaya menjadi Wakil Ketua Senat Mahasiswa Universitas Hasanuddin (SMUH) periode 1991-1992.

Selain itu, jabatan Sekjen Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi se-Indonesia (ISMEI) juga pernah disandangnya pada periode 1990-1992. Jabatan mana sempat mengantarnya berkeliling Indonesia, sehingga berkenalan dan berjejaring dengan seluruh mahasiswa ekonomi di seluruh pelosok negeri ketika itu.

Di lingkungan OKP, Ni’matullah tentu juga tidak asing. Sebab, bagi mereka yang pernah ber-KNPI tentu akan mengenal dengan baik sosok Ni’matullah. Jabatan Sekretaris Umum, DPD KNPI Sulsel pernah diamanahkan di pundaknya. Ketika itu, Ketua KNPI adalah Andi Jaya Sose.

“Tempaan organisasi mematangkan sosok Ni’matullah menapaki karier di politik. Itu tentu menjadi modal baginya, sehingga ia sangat layak duduk sebagai anggota DPR RI untuk mewakili aspirasi rakyat dari daerah pemilihan Sulawesi Selatan 2,” ujar Ikrar, sahabat dekat Ni’matullah. (mah)