Webinar Kemenkominfo: Kembangkan Seni Budaya Lewat Media Digital

Webinar Kemenkominfo: Kembangkan Seni Budaya Lewat Media Digital

 

MAKASSAR, Upeks.co.id — Sebagai dampak positif dari kemajuan teknologi, Media Digital memiliki peran strategis untuk mengampanyekan berbagai konten, termasuk seni budaya.

Bacaan Lainnya

Untuk kesekian kalinya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar webinar Literasi Digital.

Kali ini, webinar bertajuk “Pengembangan Budaya dan Seni Indonesia di Media Digital, akan melibatkan masyarakat Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, pada Rabu 18 Oktober 2023 pukul 15.00 sampai selesai.

Setidaknya ada tiga narasumber yang akan mengisi webinar ini, salah satunya M. Ichwal Achmadi. Direktur Mitologi Bumi Sulawesi ini akan membahas Kecakapan Digital. Dalam paparannya nanti, ia akan bicara bagaimana memajukan budaya dan seni Matano di media digital.

Cara menggunakan media digital untuk pariwisata, apa saja yang bisa dilakukan
melalui media sosial untuk mempromosikan budaya dan seni lokal adalah beberapa poin yang akan ia bahas.

Sementara pembicara kedua, dosen Informatika UIN Bandung, Cecep Nur Alam akan membahas Etika Digital.

Ia akan membagi tips kreatif membuat konten berbasis kearifan lokal, dan bagaimana menarik perhatian netizens global dengan dengan konten budaya lokal.

Sedangkan Gilang Alvianto, Founder dan Owner dari Milenia Guest House ini akan membahas Budaya Digital.

Bagaimana memajukan pariwisata Matano lewat Media Digital, memanfaatkan media digital untuk pariwisata, dan apa saja yang bisa dilakukan melalui tips dan trik agar budaya lokal dan seni Indonesia lebih dikenal dunia.

Kegiatan ini akan dipandu Amin Rohani, bersifat gratis dan terbuka untuk umum. Calon peserta cukup meng-klik link ini:
https://s.id/registrasikabgowa_1810 dan akan terhubung dengan form registrasi untuk mendapatkan token beserta link zoom yang akan menghubungkan mereka dengan ruang seminar.

Peserta yang beruntung, akan mendapatkan hadiah menarik berupa dompet digital. Semua peserta akan mendapatkan E-sertifikat. Khusus bagi mereka yang baru dalam mengikuti kegiatan seperti ini, tentu akan menjadi pengalaman berkesan bagaimana belajar, menambah pengetahuan tentang Literasi Digital. Makanya, bagi anda yang belum pernah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Kemenkominfo, ini adalah kesempatan yang baik untuk anda.

Untuk diketahui pada 2023 ini, Kominfo memfokuskan kegiatan Literasi Digital di wilayah Sulawesi dan sekitarnya. Sejak Februari tahun ini, pihak penyelenggara sedikitnya telah melaksanakan puluhan kegiatan serupa dan memfokuskan kegiatan di beberapa kabupaten di Sulteng, Sulbar dan Sulut.

Sejak 2021, Kominfo telah melaksanakan kegiatan Literasi Digital kepada 14.641.097 orang. Pada tahun 2022 juga menargetkan 5.500.000 orang. Kominfo menargetkan kegiatan ini bisa menyasar 50 juta orang penduduk Indonesia pada tahun 2024.

Karena itu, dibutuhkan penyelenggaraan Kegiatan literasi digital yang massif di seluruh wilayah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait Literasi Digital dalam bentuk Seminar dan Diskusi secara online dengan target penduduk di wilayah tersebut, khususnya di segmen Komunitas.(rls)