Bupati Wajo Pimpin Rapat Koordinasi Pemilihan Kepala Desa Serentak

Bupati Wajo Pimpin Rapat Koordinasi Pemilihan Kepala Desa Serentak

 

Wajo, Upeks.co.id — Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 26 Desa di 9 Kecamatan di Kabupaten Wajo akan di gelar tahun ini. Rencananya pada 23 Oktober 2023 mendatang.

Bacaan Lainnya

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 antara Pemkab Wajo dengan Forkopimda dalam hal ini Polres Wajo dan Kodim 1406 Wajo di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Bupati, Selasa (01/08/2023)

Rapat tersebut dipimpin langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud, dihadiri Wakapolres Wajo Kompol Muhtar, Pasi OPS Kodim 1406 Wajo, Letnan Nawir, Kepala Dinas PMD, Andi Liliyannah, Para Camat dan Kades wilayah Pilkades serentak.

Amran Mahmud menyampaikan apresiasi kepada pihak Polres Wajo dan Kodim 1406/Wajo atas dukungannya untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini.

“Kami terus melakukan kajian dan pendalaman terkait dengan Pilkades serentak 2023 ini untuk 26 desa sehingga Pemkab meyakini kalau pelakasaan Pilkades bisa dilaksanakan tahun ini,” ujarnya.

Apalagi, lanjutnya, penyelenggaraan Pilkades serentak 2021 yang besar mampu dilaksanakan dengan sukses meski di tengah covid 19.

“Kami harapkan kepada Dinas PMD bahwa dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini butuh langkah startegis dan persiapan yang matang agar bisa berjalan aman dan damai karena pelaksanaannya di tengah tahun politik,” ucap Amran Mahmud.

Ketua DPD PAN Wajo ini meyakini bahwa dengan dukungan Forkopimda, InsyaAllah Pilkades serentak tahun 2023 ini akan berjalan aman dan damai. Apalagi Wajo ini merupakan salah-satu peletak dasar demokrasi Wajo di dunia. Bahkan pada masa kerajaan memang sudah mengenal demokrasi.

Sementara, Wakapolres Wajo, Kompol Muhtar mengatakan kalau pantauan Kamtibmas selama ini masih berjalan aman dan damai, makanya Polres Wajo siap mengawal pelaksanaan Pilkades serentak tahun ini. “Intinya kami siap untuk mengawal Pilkades serentak tahun ini,” tegasnya.

Dalam pelaksanaannya nantinya, lanjutnya, dibutuhkan sinergitas masyarakat pemerintah. Pasalnya dalam mengawal Pilkades tersebut, pihaknya berpedoman pada SOP mulai dari tahapan sampai selesai.

“Kami mohon dukungan dari Pemkab dalam kegiatan kami nantinya, karena pola kami dalam mengawal Pilkades serentak ini akan menempatkan 3 personil dalam 1 TPS,” pungkas Muhtar.

Senada Pasi Intel Kodim 1406 Wajo, Letnan Nawir juga menyatakan kesiapan Kodim 1406 mendukung program pemerintah yang salah satunya menyukseskan Pilkades serentak 2023.

Nawir menyebutkan bahwa, kekuatan porsonil Kodim 1406 Wajo yang kapan saja dibutuhkan sebanyak 254 orang.”Kami siap mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkades 2023 ini,” tegasnya.(rls)