Jemaah UPG 1 Tempati Hotel Yaqup Al-Quqandi, Ketua Kloter Sebut Kondisinya Baik

Jemaah UPG 1 Tempati Hotel Yaqup Al-Quqandi, Ketua Kloter Sebut Kondisinya Baik

Makkah, Upeks—Jemaah Haji Kloter 1 Embarkasi Makassar (UPG) sudah berada di Kota Makkah. Mereka tiba pukul 20.00 Waktu Arab Saudi (WAS) setelah diberangkatkan sekitar jam 14.00 WAS, bersama jemaah Jakarta Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), Jumat (2/6/2023). 

Menyusul pukul 22.00 WAS yang terdiri dari jemaah Aceh (BTJ 01) dan Medan (KNO 01). Sehingga secara keseluruhan sudah 1.897 jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam lima kelompok terbang (kloter) tiba di kota Makkah.

Bacaan Lainnya
 

Mereka 392 jemaah ini menempati Hotel Yaqup Al-Quqandi di wilayah Syisyah si sektor 3 berjarak sekitar 4.000 meter dari Masjidil Haram. 

Mereka diterima Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad didampingi Kk sulat Ha Indonesia H Nasrullah.

“Alhamdulillah saya ucapkan syukur, jemaah sudah tiba di Makkah dalam keadaan sehat dan petugas yang sigap membantu jemaah,” tutur Abdul Aziz didampingi Kepala Sektor 3 H Ikbal Ismail, Kamis Malam (1/6/2023).

“Hotel juga sudah dipersiapkan dengan baik. Jemaah kita disambut baik dan ramah. Mudah-mudahan ini dapat dipertahankan,” lanjutnya.

Abdul Aziz juga mengimbau petugas agar membantu mengingatkan jemaah bahwa di Arab Saudi cuaca cukup panas. Untuk itu, jemaah diharapkan dapat menjaga kesehatan dan banyak minum untuk menghadapi situasi ini.

Sementara Kepala Sektor 3 H Ikbal Ismail menyebutkan ada 392 jemaah asal Makassar yang tergabung dalam Kloter 01 UPG yang tiba di Makkah. Sebanyak 63 orang di antaranya adalah lansia serta terdapat 12 orang pengguna kursi roda.

“Jemaah kami persilahkan untuk istirahat 2 sampai 3 jam karena habis melakukan perjalanan jauh, dan setelah itu baru melaksanakan umrah wajib,” tutur Ikbal.

Terpisah Ketua kloter 1 Embarkasi Makassar Juhrah, mengungkapkan jemaahnya tiba dengan kondisi bugar setelah dahulu mengambil miqat di Bir Ali.

“Alhamdulillah baik-baik ji kecuali ada satu orang lansia yang kecapean sempat dirawat tapi sudah baekmi,” ungkap Kepala Balai Diklat Keagamaan Makassar ini yang tercatat sebagai ketua kloter perempuan satu-satunya.

Kehadiran jemaah disambut lantunan shalawat dan senandung Thala’al Badru. Tampak Subhan Cholid mengalungkan id card kepada jemaah laki-laki, sementara petugas perempuan melakukan hal sama pada jemaah wanita. Ada juga sejumlah perempuan Arab yang membagikan bunga, roti, minuman kemasan dan lainnya.

Di depan hotel, petugas berjibaku menyambut kehadiran jemaah. Mereka mengatur dan menuntun jemaah yang turun dari bus. Ada 25 kursi roda yang disiapkan untuk membantu jemaah yang membutuhkannya. 

Tidak kalah cekatan, lima petugas EMT (Emergency Medical Team) Sektor 10 yang memeriksa kondisi kesehatan jemaah. Tim ini terdiri atas satu dokter spesialis penyakit dalam, dokter umum, serta tiga paramedis.

Untuk mempermudah giat ibadah jemaah selama di Makkah, PPIH Arab Saudi juga telah menyiapkan angkutan bus Shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram, pergi pulang.