Perawat Garda Terdepan Rumah Sakit, M Yahya Sosialisasi Perda Perlindungan Perawat

Perawat Garda Terdepan Rumah Sakit, M Yahya Sosialisasi Perda Perlindungan Perawat

Makassar, Upeks–Sosialisasi Peraturan Peraturan perundang-undangan angkatan VII dengan tema Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Perlindungan Perawat, di Hotel Harper Makassar, Minggu 28 Mei 2023.

Dalam kesempatan itu anggota dewan dari Partai Nasdem menyebutkan perawat merujuk pada posisinya sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional. 

Bacaan Lainnya

Menurut legislator Dapil Biringkanaya-Tamalanrea adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan Ilmu yang dimiliki diperoleh melalui pendidikan keperawatan.

“Perawat adalah tenaga profesional yang mempunyai kemampuan, tanggung jawab dan kewenangan dalam melaksanakan dan memberikan perawatan kepada pasien yang mengalami masalah kesehatan,” ujarnya. Perawat Garda Terdepan Rumah Sakit, M Yahya Sosialisasi Perda Perlindungan Perawat

Wakil Direktur I Umum dan Keuangan RSUD Daya Makassar Hj Andi Amalia Malik SH, menyebutkan pemerintah memiliki kewajiban dalam perlindungan perawat. Diantaranya, menghormati dan melindungi hak perawat. Kemudian, menyusun rencana strategi perlindungan perawat.

“Perawat itu merupakan garda terdepan di rumah sakit, maka dari itu perawat harus bekerja profesional dan sesuai standar operasional masing-masing rumah sakit,” ungkapnya.

Narasumber lainnya, Tenaga Fasilitator Kesehatan Aida Abbas SKM, M.Kes mengungkapkan perawat memiliki kompetensi, kewenangan, etik, dan bermoral tinggi. 

Selanjutnya, tujuan perlindungan perawat yaitu untuk melindungi perawat dan penyelenggaraan pelayanan keperawatan harus dilakukan secara bertanggung jawab, akuntabel, bermutu, aman, dan terjangkau oleh perawat yang memiliki kompetensi, kewenangan, etik, dan bermoral tinggi.

“Tujuan perlindungan perawat yakni meningkatkan mutu perawat, meningkatkan mutu pelayanan keperawatan, memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada perawat dan klien, serta meningkatkan kesehatan masyarakat,” tandasnya. (*)