Warga Temukan Bom di Dusun Sinoa

Warga Temukan Bom di Dusun Sinoa
BANTAENG, UPEKS.co.id –Satuan Brigade Mobile Unit Jibom Sat Brimob Polda Sulsel laksanakan Penyisiran di sekitar lokasi penemuan Amunisi Mortir barang militer oleh warga.
Sebelumnya, teknisi penjinak Bom (Jibom) Gegana mendapatkan laporan bahwa telah ditemukannya benda yang diduga sebagai bom di Dusun Sinoa Desa Bonto Maccini Kec. Sinoa Kab. Bantaeng. Jum’at (30/9/2022).
Diketahui bahwa mortir tersebut ditemukan oleh warga bernama Baso dan Saparudin.
Dia menjelaskan awal mula penemuan bom jenis mortir, “saat sedang melakukan penggalian akar pohon dipinggir jalan guna perbaikan dan pengecoran bahu jalan, setelah ia menggali sedalam setengah meter kemudian dia (Baso) melihat adanya benda asing yang tidak dikenalinya, selanjutnya Baso dan Saparuddin kemudian mengambil kedua benda tersebut dan menyerahkan kepada Rukka ( kepala dusun Sinoa) kemudian Rukka menyampaikan ke H. Haryanto, SE ( Camat Sinoa Kab. Bantaeng ) selanjutnya ke 2 ( dua ) amunisi jenis mortir tersebut diamankan oleh Camat Sinoa di kediamannya di Dusun Sinoa Desa Bonto Maccini Kec. Sinoa Kab. Bantaeng.
Menanggapi laporan tersebut, satu unit penjinak bom di bawah kendali AKP Syamsuddin salah satu Perwira Unit (Panit) diberangkatkan dengan membawa peralatan khusus yang dibutuhkan.
Adapun yang hadir dalam kegiatan diantaranya Tim Jibom Den Gegana Brimob Polda Sulsel, Sat. Sabhara Polres Bantaeng dipimpin KBO Sabhara Iptu Ahmad Yani, Sat. Intelkam Polres Bantaeng dipimpin langsung Kasat Intelkam Iptu A. Rahmat Wijaya , S. Sos, Polsek Uluere Polres Bantaeng dipimpin langsung Ipda Muh. Ali berteman 4 orang, Kodim 1410 Bantaeng dipimpin langsung Lettu Inf. Indar Jaya (Pasi Intel Kodim 1410 Btg) dan H. Hariyanto, SE (Camat Sinoa).
Kapolres Bantaeng AKBP Andi Kumara SH SIK MSi menyampaikan bahwa kemarin ada laporan dari warga terkait penemuan mortir di Dusun Sinoa Desa Bonto Maccini Kec. Sinoa Kab. Bantaeng,  kemudian di tindak lanjuti oleh personil Polsek  dan Koramil  mengamankan barang tersebut  di kodim 1410 Bantaeng dan selanjutnya di laporkan ke Sat Brimob Polda sulsel.
“Terimakasih kepada tim Sat Brimob Polda Sulsel yang sudah berkenan hadir di sini membantu kami melakukan penyisiran di sekitar lokasi ditemukan amunisi mortir, sebagai wujud antisipasi, jangan sampai masih ada barang serupa di lokasi, dan Alhamdulilah ternyata hasilnya nihil” ucap Kapolres.
Kapolres Bantaeng menghimbau kepada warga masyarakat apabila menemukan hal seperti itu agar hati- hati dan jangan panik, segera melaporkan ke petugas polri terdekat utk di lakukan penanganan lanjutan.
Sekitar pukul 15.10 wita kegiatan penyisiran di lokasi penemuan 2 buah Amunisi Mortir oleh Tim Jibom Den Gegana Brimob Polda Sulsel selesai dengan hasil Nihil dan selama pelaksanaan berlangsung dalam keadaan aman dan terkendali.(Irwan.Patra)