Kendari, Upeks.co.id – Pemanfaatan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN menjadi salah satu fokus Puskesmas Kemaraya dalam meningkatkan kenyamanan berobat bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Kepala Tata Usaha Puskesmas Kemaraya, Herti Kadir mengungkapkan bahwa akses masyarakat akan pelayanan kesehatan di wilayah Puskesmas Kemaraya semakin meningkat. Hal tersebut dapat dilihat dari cukup banyaknya angka kunjungan pasien setiap harinya.
“Antrean online ini menurut kami dapat menjadi solusi agar tidak terjadi penumpukan pasien. Apalagi jumlah pasien yang datang setiap harinya juga cukup banyak, sehingga kami melakukan edukasi agar masyarakat dapat memanfaatkan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN,” ujar Herti, Selasa (27/09).
Herti menjelaskan, hampir semua pasien yang datang merupakan peserta Program JKN. Sehingga untuk mengantisipasi penumpukan pasien yang menyebabkan lamanya waktu tunggu antrean, pihak Puskesmas Kemaraya mendorong masyarakat untuk memanfaatkan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN.
“Harapannya, calon pasien bisa mengambil antrean online Aplikasi Mobile JKN dari rumah kemudian baru berangkat ke Puskesmas apabila nomor antreannya sudah dekat. Hal ini tentu sangat menunjang dalam menciptakan kenyamanan pasien di Puskesmas,” tambah Herti.
Sementara itu, Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ridwansyah mengatakan bahwa salah satu fokus BPJS Kesehatan adalah peningkatan mutu layanan melalui berbagai inovasi. Salah satu inovasi tersebut adalah tersedianya antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN di fasilitas kesehatan.
“Dalam pelaksanaannya, kami terus mendorong semua faskes baik itu di tingkat pertama maupun tingkat lanjutan untuk dapat mengimplementasikan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN ini. Tentu dengan memperhatikan ketersediaan jaringan komunikasi dan data di wilayah faskes tersebut berada,” Kata Ridwansyah.
Berdasarkan pemantauan, salah seorang peserta yang tidak lama setelah tiba di Puskesmas langsung dipanggil untuk mendapatkan pelayanan di poli, ternyata telah mengambil antrean secara online melalui Aplikasi Mobile JKN sebelum ke Puskesmas.
Usai diperiksa, pasien yang bernama Nuhayati Pohiwo tersebut telah menggunakan antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN sejak awal tahun 2022. Nurhayati menyampaikan bahwa penggunaan antrean online Aplikasi Mobile JKN tersebut sangat memudahkan karena pasien dapat memprediksi waktu tunggu antrean sehingga tidak perlu lagi menunggu lama setelah tiba di faskes.