Urai Persoalan Sampah, Pemkab Pangkep Belajar ke Makassar

  • Whatsapp
Urai Persoalan Sampah, Pemkab Pangkep Belajar ke Makassar

Makassar,UPEKS.co.id– Mengurai persoalan sampah, Pemerintah kabupaten Pangkep, belajar pengolahan sampah ke pemerintah kota Makassar.

Dipimpin wakil bupati Pangkep Syahban Sammana, bersama kepala dinas lingkungan hidup(DLH), para Camat, Lurah dan Kades, bertandang di balaikota Makassar, Rabu(2/2/22).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Syahban, study pengembangan wawasan ini untuk mempelajari pengolaha sampah di Makassar.

“Kita belajar, bagaimana Pemkot Makassar mengolah sampah. Kita tahukan, produksi sampah Makassar yang besar. Itu yang mau kita tahu bagaimana pengelolaannya,”katanya.

Lanjut Syahban, salah satu trik pengolahan sampah melalui bank sampah. Sehingga, tidak semua sampah sampai ke tempat pembuangan sampah.

“Tadi kita dengar, di Makassar ada 300 bank sampah. Bank sampah itu yang memilah sampah, bakhan menjadi uang. Itu yang akan kita terapkan di Pangkep.  Sudah ada bank sampah di Pangkep, itu yang akan kita maksimalkan,”tambahnya.

Dewan Pendiri Asosiasi Bank Sampah Indonesia (DP Asobsi), Saharuddin Ridwan  menjelaskan, permasalahan sampah harus ditangani dari sumbernya. Mulai dari membuat regulasi, aspek kelembagaan dan membina pemuda atau mahasiswa sebagai pelopor pengelolaan sampah. Utamanya sampah organik dan anorganik.

(Sah)