Buku ‘Panglima Damai Poso’ Disosialisasikan di Makassar

  • Whatsapp
Buku 'Panglima Damai Poso' Disosialisasikan di Makassar

MAKASSAR,UPEKS.co.id— Buku  Muhammad Adnan Arsal dengan judul “Panglima Damai Poso” dengan penulis Khoirul Anam akan dibedah di Makassar di Hotel Mercure, Jl AP Pettarani Makassar, Rabu (9/2/22).

Menurut Muhammad Adnan Arsal,  beda buku ini dilakukan di Makassar untuk mensosialisasikan dan menyampaikan kepada masyarakat, pesan-pesan apa yang terjadi di Poso.

Bacaan Lainnya

Muhammad Adnan Arsal sapaan H Adnan ini juga menekankan bahwa

jangan pernah beranggapan Poso tidak pernah berhenti konflik. Karena konflik itu sudah dihentikan dengan jalan pertemuan dan dialog antara Islam dan Kristen. Saat ini hidup bersama-sama untuk mencapai kehidupan yang aman damai dan sejahtera.

“Ini kami lakukan agar masyarakat memahami bahwa bagaimanapun konflik itu semestinya jangan dibiarkan begitu saja. Tapi tokoh-tokoh penting membawa masyarakat untuk berdialog dan mengetahui apa keinginan kedua belah pihak,” ucap H Adnan, Selasa (8/2/22).

Sehingga beber H Adnan, bertemunya kedua kubu itu ada pesan-pesan yang disampaikan masyarakat sehingga konflik jangan dipelihara. Konflik saat ini, itu sudah berbeda, kalau konflik dulu itu antar anak muda yang coba dimediasi. 

“Makanya konflik ini jangan sampai diduplikasi yang dapat dilakukan dimana saja. Harus ada upaya untuk melihat keadaan anak-anak kita yang berkonflik itu agar dapat segera dimediasi,” bebernya.

H Adnan menjelaskan, jika terjadi konflik harus dilihat tajam siapa yang berkonflik ini, setelah diketahui orang-orangnya mereka harus diambil. Karena apabila itu dibiarkan akan dapat meluas sehingga sulit dipadamkan. 

“Lebih baik kita cepat identifikasi. Kalau ada konflik baik itu politik atau paham-paham yang berbeda, kita harus melihat dan tidak membiarkan konflik itu menyebar luas,” jelasnya. (Jay)