Korban Kebakaran Dapat Bantuan Dari Baznas

  • Whatsapp
Korban Kebakaran Dapat Bantuan Dari Baznas

ENREKANG,UPEKS.co.id– Sarika (65) tidak menyangka jika harus kehilangan tempat tinggal. Malam itu, Ahad (19/12/2021) tiba-tiba saja api menyala dari salah satu sudut rumahnya. Api dengan cepat, melalap dinding, lantai, dan tiang-tiang rumahnya yang terbuat dari kayu.

Peristiwa naas ini terjadi di Dusun Galung, Desa Tungka, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang.

Bacaan Lainnya

Rumah kayu berukuran 7×9 meter itu, ludes dilalap si jago merah, hanya dalam hitungan menit rumah itu penuh dengan api dan asap. Masyarakat setempat tak kuasa membantu, hanya menatap dengan nanar. Sarika menangis, sedih dan hanya bisa pasrah.

“Saya kaget melihat api tiba-tiba menyala dari arah sambungan kabel, mungkin itu dari hubungan arus pendek, ketika melihat api, kami bergegas, menyelamatkan diri, dan barang-barang tidak ada yang bisa selamat, karena api begitu cepat,” ujar janda tiga anak ini.

Untuk meringankan beban penderitaan Ibu Sarika, Pemerintah Kabupaten Enrekang segera turun tangan. Bahkan  Bupati, Muslimin Bando,  Wakil Bupati, Asman beserta beberapa OPD turun meninjau dan mengulurkan bantuan antara lain Dinas Sosial, BNPB serta Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Enrekang, H. Junwar, H. Kamaruddin, dan Kadir Lesang. 

Kali ini, Bupati mewakili para Muzakki dan Amil menyerahkan bantuan berupa dana untuk membangun kembali rumah Ibu Sarika.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan Para Muzakki, kami serahkan dana sebesar 10 juta, semoga bisa dimanfaatkan untuk membangun kembali rumah Ibu Sarika yang hangus terbakar,” kata Bupati Enrekang ketika menyerahkan langsung bantuan di tempat kejadian perkara, Galung, Desa Tungka.

Kadir Lesang, Selaku Ketua Bidang Pendistribusian Baznas memaparkan bahwa menyalurkan bantuan pembangunan rumah untuk para korban kebakaran adalah program rutin Baznas.

“Kami memang menyediakan alokasi khusus untuk membantu mereka yang benar-benat membutuhkan disebabkan karena faktor musibah,’ ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Pimpinan Baznas lainnya, Dr Ilham Kadir. Menurutnya, mereka yang terkena musibah kebakaran seperti ini harus segera dibantu dan dibesarkan hatinya agar punya semangat hidup.

“Kami dari Baznas Enrekang selalu ada, dan selalu hadir di tengah masyarakat, untuk meringankan beban meraka,” tutupnya. (Sry)