Unismuh Bakal Percepat Penerimaan Maba 2022

  • Whatsapp
Unismuh Bakal Percepat Penerimaan Maba 2022

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Universitas Muhammadiyah Makassar menggelar rapat Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru 2021. Acara digelar di Ruang Rapat Senat, Gedung Iqra Lantai 17 Kampus Unismuh, Jl Sultan Alauddin, Senin (8/11/2021).

Rapat ini dipimpin langsung Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse, disampingi Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerimaan Mahasiswa Baru Dr Bahrun Amin.

Bacaan Lainnya

Rapat dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, dan Ketua Lembaga Tingkat Universitas se-Unismuh Makassar.

Dalam pengantarnya, Prof Ambo Asse mengapresiasi keberhasilan penerimaan maba tahun 2021. Namun ia menekankan, agar perbaikan terus ditingkatkan.

Promosi kampus, lanjutnya, harus terus dilakukan secara berkelanjutan. “Untuk pembukaan pendaftaran Maba, silakan dikaji, apakah akan dibuka akhir tahun ini, atau awal tahun depan. Yang pasti, silakan dipersiapkan segala hal dibutuhkan,” jelasnya.

Ketua PMB Unismuh Dr Bahrun Amin dalam presentasinya menyampaikan bahwa jumlah maba Unismuh dalam dua tahun terakhir menunjukkan angka yang menggembirakan.

“Tahun ini, Maba yang teregistrasi mencapai 4.149 orang. Ini tentu berkat Kerjasama dari segenap civitas akademika Unismuh,” ungkap Bahrun.

Strategi Promosi

Promosi yang dilakukan Unismuh tahun ini mengombinasikan perangkat sosialisasi di ruang terbuka di hampir semua Kabupaten/Kota se-Sulsel, seperti bando, baliho, spanduk hingga videotron.

Demikian pula promosi di media sosial, cukup gencar di media sosial. Halaman Facebook Unismuh sepanjang promosi Maba 2021 telah menjangkau sekitar 2,6 juta pemirsa, sedangkan Instagram Unismuh menjangkau 1,3 juta orang, sepanjang Februari 2021 hingga September 2021.

“Selain dilakukan melalui akun resmi Unismuh, karena banyak orang yang merasa terpanggil menyosialisasikan Unismuh melalui media sosial masing-masing,” jelas Bahrun.

Berdasarkan hasil evaluasi dari Maba Unismuh, sumber informasi mereka mahasiswa bergabung ke Unismuh yang paling banyak karena mendapat informasi dari keluarga. “Alasan terbesar kedua, yakni mendapat informasi dari media sosial,” lanjut Dosen Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unismuh ini.

Sosialisasi terhadap Sekolah juga gencar digelar Unismuh Makassar. Akhir September 2021 lalu, Unismuh memberi apresiasi kepada 50 Kepala Sekolah tingkat SMA Sederajat, yang menyumbangkan mahasiswa terbanyak tahun ini.

Dalam rapat ini, beberapa dekan menyampaikan masukan untuk perbaikan sistem penerimaan mahasiswa baru Unismuh. Selanjutnya, Wakil Rektor I Dr Abd Rakhim Nanda dan Wakil Rektor II Dr Andi Sukri Syamsuri memberikan umpan balik. Lalu ditutup kembali dengan kesimpulan oleh Rektor Unismuh Makassar.

“Tapi jangan lupa, yang dipikirkan jangan hanya mahasiswa yang masuk. Tapi, mahasiswa yang keluar. Harus seimbang antara mahasiswa baru, dengan mahasiswa yang ikut wisuda. Tolong diingatkan para dosen, agar tugas utamanya adalah membantu mahasiswa menyelesaikan studi, jangan dipersulit,” pesan Prof Ambo Asse. (Rasak)

 

Pos terkait