TP-PKK Enrekang Raih Juara III Lomba Masak Tingkat Provinsi

  • Whatsapp
TP-PKK Enrekang Raih Juara III Lomba Masak Tingkat Provinsi

ENREKANG, UPEKS.co.id — TP-PKK Kabupaten Enrekang meraih juara 3 dalam lomba masak menu sehat pangan lokal dengan menggunakan kompor induksi. Lomba Eksebisi Masak ini dilaksanakan di hotel The Rinra, Minggu 31 Oktober 2021.

Kegiatan tersebut adalah kerjasama TP-PKK Sulsel dengan PLN dalam rangka Hari Listrik Nasional ke 76.

Bacaan Lainnya

Lomba Masak mengangkat tema ‘Pangan Bergizi Berbasis Sumber Daya Lokal Menggunakan Kompor Induksi Dalam Rangka Penerapan Green Living’.

TP-PKK Enrekang Raih Juara III Lomba Masak Tingkat Provinsi

Lomba diikuti 19 TP-PKK Kabupaten/Kota se-Sulsel, dengan peserta Ketua TP-PKK didampingi satu kader. Ketua TP-PKK Enrekang Hj. Johra MB beserta para pengurus nampak antusias mengikuti acara.

Peserta dinilai oleh 5 juri. Masing-masing Chef Norman Ismail dari Jakarta , 3 juri dari TP-PKK Propinsi Sulsel dan 1 dari PT. PLN.

“Lomba ini sekaligus mensosialisasikan tentang penggunaan kompor induksi, agar membudayakan Green Living atau ramah lingkungan,” ucap Ketua TP PKK Kabupaten Enrekang, Hj. Johra.

Hj. Johra mengatakan, penggunaan kompor induksi banyak manfaatnya. Ini upaya penerapan gaya hidup yang serba memanfaatkan energi listrik atau Electrifying lifestyle.

TP-PKK Enrekang Raih Juara III Lomba Masak Tingkat Provinsi

“Kompor induksi sebenarnya lebih mudah digunakan daripada kompor gas, tinggal tekan. Sudah ada menu pilihan memasak, ada pengaturan kekuatan panas dan tingkat kematangannya,” jelasnya.

Selain hemat, kompor induksi juga lebih aman dan ramah lingkungan. Namun diperlukan lagi sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat kompor induksi.

“Ini perlu tersosialisasi secara luas mengenai manfaat dan cara penggunaan. Utamanya di pedesaan yang masih mengandalkan gas bahkan kayu bakar,” ujarnya menyarankan.

Acara ini dihadiri oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua TP-PKK Sulsel Naomi Octarina, beserta PIKK PLN.

Juara pertama adalah perwakilan dari Kabupaten Luwu mendapatkan hadiah pembinaan senilai Rp 5 juta, juara kedua diraih Kota Parepare dengan hadiah Rp 3 juta dan pemenang ketiga adalah perwakilan Kabupaten Enrekang dengan hadiah Rp2 juta. (Sry)

 

Pos terkait