BAZNAS Makassar Berbagi 300 Dus Makanan di Hari Maulid Nabi

  • Whatsapp
BAZNAS Makassar Berbagi 300 Dus Makanan di Hari Maulid Nabi

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Begitu banyak jalan dan cara untuk bersedekah. Sedekah melibas batas antara waktu, usia, gender, status sosial, tingkat pendidikan, keadaan ekonomi, dan segala bentuk pengastaan. Semua orang bisa bersedekah. Semua orang bisa bersedekah dengan cara apapun yang ia mampu melakukannya.

Sedekah makanan misalnya, tidak hanya bernilai pahala, tapi juga sarat akan nilai sosial. Mulai dari mengeratkan ukhuwah antar sesama manusia, hingga kelak akan meraih nikmat. Tak salah, jika HR. Thabrani—seorang ahli hadist mengisahkan, Nabi SAW menyebutkan, barang siapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki orang lain.

Bacaan Lainnya

Karena itu, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Angkatan Muda Haji Indonesia (AMHI) Kota Makassar, menyalurkan 300 dus makanan di dua lokasi, yakni, di Jalan Andi Tonro V, dan Jalan Sepakat Pettarani. Ke-300 dus makanan itu dari seorang donatur yang enggan disebut jati dirinya, hari ini, Selasa, 19 Oktober 2021.

Pembagian nasi dus di Jalan Andi Tonro V, ujar Sudirman dari Baznas Kota Makassar, karena Baznas melihat, di salah satu lokasi di jalan tersebut dihuni para kaum dhuafa. Keseharian dari mereka, kebanyakan mencari barang- barang bekas. Sejumlah barang bekas tersebut dijual kembali untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Di lokasi ini, demikian Sudirman, warga berebutan mendapatkan nasi dus. Malah, sesama penghuni saling memanggil rekan mereka lainnya. Sebab, sesama mereka meyakini, dalam hal memenuhi kebutuhan perut, bukan hanya tanggung jawab orang yang bersangkutan saja, melainkan orang lain di sekitarnya. Mereka sangat memedulikan hidup berdampingan dengan sesama.

“Pembagian makanan ini kami lakukan pagi- pagi. Artinya, sebelum saudara- saudara kita ini keluar mencari nafkah, mereka sudah kenyang. Sebab, dengan perut yang kenyang, seseorang mampu melakukan aktivitas dan berpikir dengan baik,” ujarnya.

Salah seorang ibu di Jalan Sepakat mengaku bersyukur kepada Baznas Kota Makassar. Pasalnya, kehadiran lembaga pemerintah non struktural yang berkantor di Jalan Teduh Bersinar, Kecamatan Rappocini ini tidak disangka sangka.

“Yang saya tahu, Baznas itu selalu membagi bagi makanan setiap hari Jumat. Tetapi, hari ini, Baznas tetiba datang membagi bagi makanan. Terima kasih Baznas, semoga Baznas selalu turun untuk melihat kondisi masyarakat seperti kami di sini. Kami orang yang kurang,” tuturnya. (rls)

Pos terkait