DLHK Majene Gelar Konsultasi Publik II

  • Whatsapp
DLHK Majene Gelar Konsultasi Publik II

MAJENE, UPEKS.co.id— Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DKLHK) menggelar konsultasi publik penyusunan dan dokumen lingkungan hidup strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Majene 2021-2026, di Ruang pola kantor Bupati Majene, Senin (13/9/2021).

Kegiatan dihadiri wakil Bupati Majene, Arismunandar, Kapolres Majene, AKBP Febryanto Siagian, mewakili Dandim 1401 Majene, Kadis. LHK, Sudirman, Para Asisten, Para Staf Ahli, sejumlah pimpinan OPD, Tim Ahli Penyusun KLHS dari Unhas, Kepala BPS Majene dan Direktur PDAM, Para Camat, dan Kabag Setda Majene.

Bacaan Lainnya

Kepala DLHK Majene, Sudirman dalam laporannya menyampaikan, bahwa proses penyelenggaraan KLHS-RPJMD Kabupaten Majene Tahun 2021-2026 dilaksanakan dengan mengacu pada arahan PP. No. 46 Tahun 2016, Permen-LHK No. 69 Tahun 2017 dan Permendagri No. 7 Tahun 2018.

“Maksud konsultasi publik KLHS RPJMD Kabupaten Majene Tahun 2021-2026 ini untuk memastikan, bahwa isu strategis permasalahan dan sasaran strategis tujuan pembangunan berkelanjutan yang termuat dalam Rancangan RPJMD Kabupaten Majene Tahun 2021-2026,” ungkap Sudirman.

Sementara itu wakil Bupati Majene Arismunandar, dalam sambutannya menyampaikan pada konsultasi publik II yang dilaksanakan ini diharapkan dapat melahirkan rekomendasi kajian lingkungan hidup strategis dari hasil perumusan skenario pembangunan berkelanjutan.

“Melalui penyusunan proyeksi indikator dan rekomendasi menggunakan asumsi, dengan atau tanpa upaya tambahan berdasarkan analisis proyeksi, pertumbuhan capaian tujuan pembangunan berkelanjutan, analisis potensi daerah, analisis keuangan dan analisis dukung dan daya tampung lingkungan hidup,” sebut Aris.

Ia juga menyampaikan, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan menjadi satu hal yang pokok. Tujuan pembangunan berkelanjutan diposisikan sebagai instrumen pembangunan yang pelaksanaannya selaras dengan prioritas nasional dan daerah.

“Keberhasilan upaya ini sangat ditentukan oleh seberapa besar dukungan daerah terhadap pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang terintegrasi dalam RPJMD Kabupaten Majene 2021-2026. Saya juga berharap dari rekomendasi yang tertuang dalam kajian lingkungan hidup strategis yang telah terintegrasi dengan dokumen RPJMD, dapat dilaksanakan di setiap program kerja masing-masing OPD. (Ali)