Maksimalkan Pelayanan, RS Regional dr Hasri Ainun Habibie Target Tahun ini Layani Pasien BPJS Kesehatan

  • Whatsapp
Maksimalkan Pelayanan, RS Regional dr Hasri Ainun Habibie Target Tahun ini Layani Pasien BPJS Kesehatan

PAREPARE, UPEKS.co.id – Rumah Sakit Regional dr Hasri Ainun Habibie Parepare terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, saat ini terdapat 12 polixklinik di RS Regional Hasri Ainun Habibie melayani pasien umum.

Meski untuk saat ini masih sebatas melayani poli rawat jalan untuk pasien umum dan non BPJS dengan persyaratan KTP dan KK khusus warga Kota Parepare tanpa dipungut biaya.

Bacaan Lainnya

Pelaksana Tugas (Plt) RS dr Regional Hasri Ainun Habibie, Mahyuddin Rasyid mengungkapkan, saat ini RS dr Regional Hasri Ainun Habibie kini dalam progres mengisi aplikasi Health Facilities Information System’ (HFIS) yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

“Kami berharap segera mungkin bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, karena BPJS juga sudah memberikan user HFIS untuk bekerjasama sebagai langkah positif untuk masuk ke next step setelah ada pendaftaran sebagai fasilitas kesehatan yang akan bekerjasama,” ungkapnya, Rabu (8/9/2021).

Lebih lanjut kata dia, dalam memenuhi persyaratan dalam Formulir Kredensialing BPJS, terdapat 265 item yang harus dipenuhi dalam suatu fasilitas kesehatan untuk bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

“Yang menjadi konsen dari BPJS adalah sarana dan prasarana apa yang kami sudah punya. Tentunya sebagai RS yang baru, kami selalu berusaha melengkapi sarana dan prasarana sesuai dengan standar operasional yang diakui. Kami terus mengembangkan diri perharinya. Beberapa alat-alat kesehatan yang dibutuhkan itu juga menjadi konsen dari BPJS dalam mendata. Termasuk juga jumlah SDM dan ketenagaan-ketenagaan lainnya,” terang Mahyuddin.

Kata dia, persyaratan tersebut nantinya RS Regional dr Hasri Ainun betul-betul layak dari segi sarana dan prasarana maupun SDM. Olehnya itu, telah memaksimalkan semua persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan BPJS. Bahkan untuk menilai kemampuan faskes dari jumlah sarana dan prasarana maupun ketenagaan, telah dilakukan self assessment.

“Dokternya harus mencukupi. Sarananya mencukupi. Kalau gedung dan fasilitas lainnya kami yakin sudah sangat layak. Dan bisa dilihat sendiri itu sudah sangat sesuai standar mutu yang ditetapkan. Alhamdulillah 265 item yang ditetapkan kami sudah penuhi semua dan sementara menginput semua. Semoga segera bisa terlaksana kerjasamanya, dari self assesment juga kami nilai sudah layak. Kami harap juga penilaian dari BPJS sesuai dengan penilaian kami. Kami targetkan satu hingga dua bulan ini kerjasama dengan BPJS Kesehatan sudah berjalan. Intinya tahun ini Insya Allah kami bisa melayani pasien BPJS,” pungkas dr Mahyuddin Rasyid. (AU)