Rektor UNIMEN Kembalikan Dana Bantuan Riset Ke Baznas Enrekang

  • Whatsapp
Rektor UNIMEN Kembalikan Dana Bantuan Riset Ke Baznas Enrekang

ENREKANG, UPEKS.co.id — Setelah beberapa hari menuai sorotan publik akhirnya Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) Yunus Busa akhirnya mengembalikan dana bantuan riset penyelesaian S3 sebesar Rp 10 juta kepada Baznas Enrekang.

Sesuai pernyataan Yunus Busa kepada beberapa awak Media sebelumnya, bahwa dirinya bersedia mengembalikan bantuan tersebut jika dianggap tak layak dan tak etis.

Bacaan Lainnya

” Saya kan sudah katakan waktu itu,  bahwa saya akan mengembalikan jika dianggap bermasalah. Selain itu saya juga ingin meredam kritikan masyarakat mengenai saya”. Ujarnya.

” Yang dipermasalahkan orang kan saya sebagai Rektor yang tidak layak dibantu. Padahal kalau orang melihat kehidupan pribadi saya, pasti mereka tidak akan berkomentar seperti itu. Kehidupan saya juga biasa-biasaji”. Tutur Yunus Busa.

Kebesaran hati Yunus Busa menerima kritikan dan mengembalikan dana bantuan dari Baznas mendapat banyak pujian warga.

” Itu contoh yang patut di puji dari Pak Rektor. Semoga Pemimpin-pemimpin yang lain bisa melihat suri teladan beliau”. Kata salah seorang warga.

Sementara itu, salah satu Pimpinan Baznas Enrekang, DR. Ilham Kadir membenarkan jika Yunus Busa datang sendiri ke Baznas Enrekang untuk mengembalikan bantuan tersebut.

” Beliau sampaikan bahwa masih banyak yang lebih membutuhkan. Apalagi hal ini membuat sebagian masyarakat yang belum paham meributkan bantuan itu sehingga beliau berinisiatif untuk melakukan itu”. Kata Ilham Kadir.

Ilham Kadir mengatakan bukan berarti apa yang dilakukan Lembaga Baznas itu tidak sesuai prosedur dan SOP. Hanya saja selama ini masih banyak masyarakat yang belum memahami apa saja yang patut dibantu oleh Baznas.

Bantuan yang diberikan Baznas Enrekang itu juga untuk menyambungkan program Baznas Pusat untuk membantu Membiayai dana riset di daerah. Membantu mereka yang lagi melakukan riset. Intinya dari Tembaga Baznas kita melihat sudah tepat sasaran dan sudah melalui prosedur.

Sehingga orang seperti Rektor yang sedang melakukan riset tentang Baznas dan itu akan memperkuat kelembagaan Baznas nantinya. Hasil riset Rektor UNIMEN akan menjadi karya ilmiah yang akan membantu kemajuan Baznas Enrekang.

” Kita sangat mengapresiasi dan berterima kasih. Ini adalah harus menjadi contoh untuk kita semua, atas kebesaran jiwa dan kemurahan hatinya kami angkat topi untuk beliau. Pada dasarnya beliau sangat layak untuk dibantu, tapi beliau berbesar hati untuk mengembalikan dana umat.

Untuk itu, DR Ilham Kadir memgatakan kedepan Baznas akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat apa saja yang bisa dan layak mendapat bantuan dari Baznas. (Sry)