LPM Penalaran UNM Gelar Seminar Hasil Implementasi dan Pengumuman Kelulusan Fasilitator 2021

  • Whatsapp
LPM Penalaran UNM Gelar Seminar Hasil Implementasi dan Pengumuman Kelulusan Fasilitator 2021

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar seminar hasil implementasi dan pengumuman kelulusan fasilitator 2021 sebagai salah satu tahapan Training of Trainer (ToT) 2021 dengan tema “Menjadi Fasilitator Penalaran: Efisien Menganalisis Efektif Memfasilitasi” berlangsung di Ruang FF 104 dan 105 FMIPA UNM, Minggu (4/7/2021).

Setelah melewati berbagai tahapan mulai dari seleksi berkas, Leaderless Group Discussion (LGD), Technical Meeting (TM), Pelatihan Training of Trainer 2021 selama 3 hari di Bumi Perkemahan H.M Yasin Limpo Pebentengan hingga implementasi yang berlangsung dari tanggal 28 Juni 2021 sampai 3 Juli 2021, peserta ToT 2021 LPM Penalaran UNM mengikuti seminar hasil implementasi dan pengumuman kelulusan fasilitator di Ruang FF 104 dan 105 FMIPA UNM.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 4 kelompok mempresentasikan hasil implementasi yang telah dilakukan selama kurang lebih satu minggu. Adapun judul pelatihan hasil implementasi yang diseminarkan oleh masing-masing kelompok yaitu Kelompok 1: Pelatihan Pemasaran Produk, Kelompok 2: Pelatihan Pemasaran dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Gabus, Kelompok 3: Pelatihan Public Speaking: Tunjukkan Potensi Diri dengan Public Speaking, dan Kelompok 4: Pelatihan Mendeley: Optimalisasi Manajemen Referensi Untuk Efisiensi Karya Tulis.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum LPM Penalaran UNM, Nopri Hidayat, menyatakan apresiasi dengan memberikan ucapan kepada para peserta seminat ToT.

“Selamat kepada seluruh peserta yang telah menyelesaikan kegiatan Training of Trainer ini hingga tahap akhir. Semoga Ilmu yang didapatkan dapat diterapkan pada kegiatan LPM Penalaran UNM sesuai dengan output ToT yaitu menjadi fasilitator penalaran,” ujarnya.

Sementara Pembina LPM Penalaran UNM, Dr. Mustari S. Lamada, S.Pd., M.T menuturkan harapannya terkait kegiatan tersebut.
“Sebagaimana rumus Fisika, semakin besar usaha yang dilakukan, semakin besar energi yang dapat diperoleh untuk masa depan. Begitu pula yang akan terjadi kepada Lulusan ToT, semakin besar usaha kalian berkarya, semakin besar pula hasil baiknya untuk Penalaran,” jelasnya.

Rangkaian kegiatan ini kemudian ditutup dengan pengumuman kelulusan fasilitator 2021 LPM Penalaran UNM yaitu sebanyak 18 peserta dinyatakan lulus. Sebanyak tiga peserta dinyatakan sebagai lulusan terbaik yaitu Nurul Hidayah, Zulfiki Hidayat dan Masriani. Sedangkan Putri sebagai peserta terfavorit pada kegiatan Training of Trainer 2021 LPM Penalaran UNM . (rls)

Pos terkait