PB HMI Desak DPR Percepat Pembahasan RUU PDP

  • Whatsapp
PB HMI Desak DPR Percepat Pembahasan RUU PDP
Firman Kurniawan Said

JAKARTA,UPEKS.co.id– Desakan untuk mempercepat pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) kembali gencar disuarakan. Kali ini datang dari Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Ketua Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom), Firman Kurniawan Said, mengatakan, pihaknya sangat konsen terhadap isu ini. Pasalnya, peristiwa kebocoran data pribadi semakin marak terjadi.

Bacaan Lainnya

“Baru-baru ini ramai diberitakan penjualan data sejumlah kabupaten di situs web forum hacker. Tentu kita masih ingat juga kasus kebocoran data pribadi yang sangat besar, yakni sekitar 279 juta data penduduk Indonesia yang disinyalir identik dengan data BPJS,” kata Firman dalam keterangan resminya, Minggu (13/6/2021).

Firman berharap, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) segera membahas RUU PDP sehingga ada payung hukum yang dapat melindungi data pribadi masyarakat.

“Masih rendahnya kesadaran masyarakat Indonesia akan keamanan cyber membuat peluang besar terjadinya peretasan data pribadi. Kebocoran data ini sangat berbahaya karena dapat digunakan untuk kejahatan di dunia digital,” ujar pria yang akrab disapa Yawan ini.

Bagi Yawan, tidak ada lagi alasan DPR untuk menunda pembahasan RUU PDP ini karena kebutuhan akan keamanan data pribadi semakin besar kedepannya.

“Kita tidak ingin kasus kebocoran data ini terulang, sehingga segala perangkat untuk menangkal hal tersebut harus segera disediakan termasuk payung hukumnya,” ujarnya. (rls)