Aliyah Mustika Ilham: Respon Positif Masyarakat Kunci SuksesPendataan Keluarga

  • Whatsapp
Aliyah Mustika Ilham: Respon Positif Masyarakat Kunci SuksesPendataan Keluarga

GOWA, UPEKS.co.id– Komisi IX DPR RI, Aliyah Mustika Ilham bersama mitra kerja perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Gelar Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana.

Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh tokoh masyarakat kabupaten Gowa, Aliyah Mustika Ilham menyampaikan pentingnya peran serta masyarakat dalam upaya menyukseskan pendataan keluarga.

Bacaan Lainnya

“Pendataan keluarga dapat berjalan maksimal, jika masyarakat memberikan respons positif, dengan meluangkan waktu memberikan data-data yang dibutuhkan terkait kondisi keluarga,” tuturnya, Jumat (25/6/2021).

Melalui pendataan keluarga, berbagai permasalahan dapat tertangani lebih spesifik dan tepat sasaran.

Demikian pula disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Prov Sulsel, Andi Ritamariani, M.Pd, pendataan keluarga merupakan potret keluarga Indonesia.

“Dalam pendataan keluarga terdapat 57 indikator, data tersebut sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam pengambilan kebijakan, serta memudahkan dalam melakukan intervensi,” tuturnya.

Beberapa permasalahan seperti stunting, masalah perekonomian keluarga, dan berbagai masalah lainnya dapat diketahui dengan adanya data yang akurat. Hal ini memudahkan pemerintah dalam merumuskan program pembangunan guna peningkatan kesejahteraan keluarga.

Kepala Perwakilan BKKBN Prov Sulsel, dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada warga Kab Gowa yang telah menunjukkan sikap positif dalam pendataan keluarga.

“Alhamdulillah pendataan keluarga di Kabupaten Gowa telah rampung 100 persen. Sulawesi Selatan pun berada dalam peringkat ketiga terbaik dalam penyelesaian pendataan keluarga setelah Yogyakarta dan Belitung. Pendataan Keluarga yang terselesaikan tepat waktu, tentunya karena kerja sama yang baik dari masyarakat,” terangnya.

Sosialisasi ini pun dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab Gowa, Sofyan Daud, yang dalam kesempatan yang sama menyampaikan beberapa kendala yang terkadang ditemui saat pendataan keluarga.

“Salah satu hal yang mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan yakni adanya peningkatan kesejahteraan bagi para petugas lapangan KB yang non