ANEKA

Bupati Gowa Adnan, Resmikan IPA Bontomarannu

Bupati Gowa Adnan, Resmikan IPA Bontomarannu

GOWA, UPEKS.co.id— Instalasi Pengolahan Air (IPA) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Jeneberang Gowa, di Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Bontomarannu, diresmikan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Selasa (9/3/2021) pagi.

Dirut PDAM Gowa, H. Hasanuddin Kamal mengatakan dibangunnya Instalasi pengolahan air ini tiada lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Gowa.

“Apa yang kita lakukan hari ini tentunya salah satu bentuk peningkatan pelayanan yang kita lakukan, menjawab keinginan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih,”ungkap, Dirut PDAM Gowa, H. Hasanuddin saat memberikan sambutan.

Menurutnya pula, pembangunan IPA Bontomarannu ini merupakan salah satu inovasi yang digagasnya meningkatkan pelayanan agar masyarakat dapat menikmati air bersih yang setiap saat dapat mengalir dirumah- rumah pelanggan PDAM.

“Dengan beroperasinya instalasi pengolahan air di Bontomarannu ini insya allah dapat melayani 8.000 kebutuhan air bersih bagi pelanggan PDAM,”katanya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap dengan hadirnya IPA Bontomarannu ini dapat memenuhi kebutuhan stok air bersih bagi masyarakat, serta mengajak para investor untuk berivestasi di kabupaten Gowa.

“Ketika ada investor pengembang perumahan ingin masuk ke Kabupaten Gowa, hal yang pertama mereka tanyakan apakah sudah bisa dialiri air PDAM. Jadi dengan kapasitas 100 liter perdetik ini kita berharap dapat memenuhi pasokan air bagi masyarakat Gowa,”harap Adnan.

Salah satu yang menajadi pertimbangan para pengembang ini untuk bisa berinvestasi di Kabupaten Gowa adalah ketersediaan air PDAM.

Sehingga dirinya berharap, kehadiran IPA berkapasitas 100 liter perdetik ini bisa mendorong para investor khususnya yang bergerak di bidang properti bisa berinvestasi di Gowa.

Bupati Gowa Adnan, Resmikan IPA Bontomarannu

“Sehingga dengan hadirnya IPA 100/detik ini kami yakin dan percaya ini akan mampu menggenjot kembali investasi yang ada di Kabupaten Gowa dan mampu mengakselerasi perekonomian di Kabupaten Gowa terutama di masa Pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Selain itu, Adnan juga mengaparsi pembangunan IPA PDAM Tirta Jeneberang ini. Karena pembangunan IPA ini tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah maupun Anggaran Pendapatan (APBD) dan Belanja Negara (APBN).

Pembangunan IPA kapasitas 100 liter/detik ini menurut Adnan adalah inovasi yang dilakukan oleh PDAM Tirta Jeneberang dengan tidak menggunakan dana APBD dan APBN.

“Pembangunan IPA ini menjawab keluhan pengembang dan masyarakat akan kebutuhan air bersih,”terang Bupati yang dikenal merakyat ini.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Wilayah Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ahmad Asiri saat mewakili Direktur sistem Penyelenggaraan Air Minum Air Kementerian PU, mengapresiasi langkah inovatif yang dilakukan PDAM Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa.

Menurutnya ini merupakan yang pertama di Sulsel yang menggunakan skema pembiayaan ini. Olehnya dia berharap PDAM di seluruh Kabupaten kota di Sulsel bisa melakukan hal yang sama.

Sebagai bentuk apresiasi Kementerian PU memberikan bantuan stimulan berupa optimalisasi SPAM Barombong dan pendampingan berupa jaringan pipa SPAM kecamatan Pattallassang.

“Total dana yang kita gelontorkan Rp. 18,5 miliar. Ini kita berikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah pusat dan ini sumbernya dari APBN,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Wilayah Permukiman Provinsi Sulawesi Selatan, H. Ahmad Asiri mengapresisasi pembangunan IPA Bontomarannu.

Peresmian Instalasi pengolahan air Bontomarannu ini juga dihadiri Forkopimda, Polres Gowa, kajari, beberapa anggota DPRD Gowa, para kepala SKPD, dan Camat (Sofyan).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top