Bahas Pemilihan Kepala Lingkungan, Komisi I DPRD Majene RDP

  • Whatsapp
Bahas Pemilihan Kepala Lingkungan, Komisi I DPRD Majene RDP

MAJENE, UPEKS.co.id–Komisi I DPRD Kabupaten Majene menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan pihak pemerintah kabupaten (Pemkab) Majene, untuk membicarakan mekanisme Pemilihan Kepala Lingkungan di ruang rapat gedung DPRD Majene, Rabu (10/02/21).

Rapat dipimpin langsung Ketua Komisi I DPRD Majene, Napirman, sejumlah anggota Komisi I, pihak pemerintah daerah serta beberapa mantan kepala lingkungan se Kelurahan Pangaliali Kecamatan Banggae.

Bacaan Lainnya

Dalam RDP para mantan kepala Lingkungan di wilayah kelurahan Panganiali ini menyampaikan protes, lantaran mekanisme pemilihan kepala Lingkungan dinilai tidak sesuai aturan.

“Aturan pemilihan kepala lingkungan tentunya merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2005 dan Perda Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan,” sebut Sahid Soehoepi, mantan kepala Lingkungan Pangaliali.

Menanggapi pernyataan Sahid, Ketua Komisi I DPRD Majene Napirman menjelaskan, bahwa pemilihan kepala lingkungan sudah jelas payung hukumnya, yaitu merujuk kepada PP Nomor 73 Tahun 2005 dan perda Nomor 5 Tahun 2009 Tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Kelurahan.

“Dalam Pasal 2 poin 1 sudah jelas, bahwa Lembaga Kemasyarakatan Desa atau kelurahan dibentuk atas prakarsa masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah melalui musyawarah dan mufakat,” jelas Napirman dari Politisi PKB itu.

Napirman juga menerangkan, kepala Lingkungan di kabupaten Majene sama dengan RW, maka kepala lingkungan adalah salah satu lembaga kemasyarakatan kelurahan, sehingga dalam pembentukannya harus melalui musyawarah mufakat.

“Sehingga diharapkan pemerintah daerah melakukan peninjauan kembali terhadap proses pemilihan kepala lingkungan, dan jika tidak merujuk pada aturan yang berlaku, maka diharapkan dilakukan pemilihan ulang. Jika dalam musyawarah tidak ada hasil, maka musyawarah dapat menyepakati untuk dilakukan pemilihan kepalalingkungan secara langsung,” ungkapnya.(Alim).

Pos terkait