RSUD Maspul Siapkan Rapid Tes Antigen, Untuk Pasien Miliki Gejala Tertentu

  • Whatsapp
RSUD Maspul Siapkan Rapid Tes Antigen, Untuk Pasien Miliki Gejala Tertentu

RSUD Maspul Siapkan Rapid Tes Antigen, Untuk Pasien Miliki Gejala Tertentu

ENREKANG,UPEKS.co.id— Saat ini Rapid Tes Antigen sudah tersedia di RSUD Maspul Enrekang. Namun  ketersediaannya masih terbatas. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 RSUD Maspul dr. Suryana Nawing,Sp. PD  mengatakan alat ini disiapkan hanya untuk pasien saja.

Bacaan Lainnya

” Iye ada. Tapi masih sebatas untuk pasien saja Bu”. Jawab dr. Suryana singkat.

Dokter Ahli Interna di RSUD Maspul ini mengatakan, pasien yang akan di periksa menggunakan Rapid Antigen ini  adalah pasien dengan gejala ispa,batuk, demam, flu,nyeri tenggorokan, atau anosmia dan atau pemeriksaan rapid  antibodi reaktif.

Menurutnya, Rapid Tes Antigen ini dibutuhkan untuk pasien yang akan segera di tangani, karena hasil dari  pemeriksaan Rapid Antigen lebih cepat dibandingkan pemeriksaan RT PCR.

” Meski Gold standart untuk Covid-19 tetap RT PCR, tapi pemeriksaan butuh waktu lebih lama menunggu hasil  karena sampel di bawa ke laboratorium di Makassar. Keuntungan Rapid antigen adalah hasilnya cepat”. Ujarnya.

Rapid Antigen untuk saat ini memang dinilai sangat efektif karena menurut orang yang akrab disapa dokter Uli ini  menjelaskan Sensitivitas Rapid Tes Antigen 80 %, dan spesifikasinya 97%.

Namun dia mengatakan hasil pemeriksaan Rat PCR lebih akurat. Meski pemeriksaan Swab tidak lagi dilakukan  Jika gejala klinis membaik atau sudah tidak ada maka Swab tidak perlu lagi.(Sry)