PILKADA

Pilwalkot Makassar Duel Ulang Danny vs Appi

MAKASSAR, UPEKS.co.id – Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar 2020 dianggap menjadi pertarungan ulang antara pasangan nomor urut satu Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto – Fatmawati Rusdi (DP – Fatma) dan pasangan nomor urut dua Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando (Appi – Rahman). Dua pasangan ini selalu bersaing di dua besar berdasar hasil riset beberapa lembaga survei.

Lembaga survei yang merilis DP – Fatma dan Appi – Rahman bersaing di dua besar adalah PT General Survei Indonesia (GSI), Profetik Institute, Polmark Indonesia, Celebes Research Center (CRC), Saiful Mujani Research Center (SMRC), dan PT Indeks Politica Indonesia (IPI).

Direktur Eksekutif PT IPI, Suwadi Idris Amir, sejak lama telah memprediksi Pilwalkot Makassar adalah pertarungan lanjutan dua calon terkuat ini. Setelah sebelumnya, Danny dan Appi bertarung sengit di Pilwalkot 2018.

“Kenapa DP dan Appi mendominasi pertarungan? Karena keduanya sudah punya tim militan, dan tergolong paling siap dari segi cost politik. Untuk ukuran kota besar seperti Makassar dibutuhkan biaya politik yang cukup besar. Selain itu DP dan Appi yang paling banyak relawannya,” kata Suwadi, Selasa (17/11/2020).

Menurutnya, penentu siapa pemenang antara DP dan Appi terletak pada finishing gerakannya. “Siapa yang mampu memfungsikan peran tim dan relawan serta pengawalan berbasis TPS, dialah yang akan memenangkan Pilwalkot Makassar 2020,” tutur Suwadi. (mah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top