ANEKA

Terus Bertambah, Kasus Covid-19 Di Enrekang Tembus 125

Terus Bertambah, Kasus Covid-19 Di Enrekang Tembus 125

ENREKANG,UPEKS.co.id — Setelah mengumumkan 16 nama terkonfirmasi positif Covid-19, kini Dinas Kesehatan  Kabupaten Enrekang kembali mengumumkan 2 kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19 di Enrekang.

Itu artinya hinggal tanggal 30 September 2020 jumlah kasus Covid-19 di Enrekang sudah mencapai 125 kasus.

Kasus terbanyak diumumkan Dinkes Enrekang pada tanggal 27 September 2020 yakni 16 kasus dengan rincian 8 kasus di dua Kelurahan yaitu Kelurahan Kambiolangi dan Kelurahan Buntu Sugi, Kecamatan Alla, 5 kasus dari Kecamatan Baroko,1 dari Kecamatan Anggeraja dan 1 kasus positif Covid-19 di Kecamatan Enrekang.

Tanggal 30 September 2020 dua kasus baru kembali dirilis Kadis Kesehatan yang juga Koordinator Penanganan  Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Enrekang, Sutrisno.

Dia mengatakan dua kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan yang berbeda.

Pasien terkonfirmasi Covid-19 inisial SH, (22), jenis kelamin laki-laki adalah warga Desa Batu Noni, Kecamatan  Anggeraja, Kabupaten Enrekang. Sutrisno memaparkan Kronologis sebelum SH dinyatakan positif Covid-19.

SH adalah suami dari inisial EK yang sebelumnya merupakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 kasus 122.  Pada tanggal 28 September yang bersangkutan menjalani pemeriksaan Swab PCR di RSUD Maspul Enrekang.

Tanggal 29 September spesimen PCR SH dikirim ke laboratorium Sentral RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Tanggal 30 September 2020 hasil RT-PCR yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19.

Inisial SH terkonfirmasi positif Covid-19. Yang bersangkutan dikategorikan sebagai Asimtomatik (Tanpa Gejala).  Saat ini yang bersangkutan adalah kasus positif Covid-19 ke 124.

Inisial MS (55), jenis kelamin laki-laki, alamat Bamba, Kelurahan Pusserren, Kecamatan Enrekang.

Tanggal 26 September inisial MS masuk RSUD Maspul dengan keluhan demam,muntah,nafsu makan menurun  dan sesak.

” Lalu dilakukan pemeriksaan Rapid Tes terhadap MS yang hasilnya Non Reaktif. Selanjutnya dilakukan  pemeriksaan RO dengan hasil TB Paru Dupleks lama aktif disertai Efusi Pleura Dextra”. Kata Sutrisno.

Tanggal 28 September MS menjalani pemeriksaan Swab. Tanggal 29 spesimen PCR dikirim ke laboratorium  Sentral RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. Tangga 30 September 2020 hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

MS terkonfirmasi Covid-19 dengan Sintomatik (Gejala) yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19 kasus ke  125. MS adalah seorang PNS disalah satu Kantor Dinas Layanan Publik di Enrekang.

Dengan semakin meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19 di Enrekang, saat ini Pemkab Enrekang telah  melakukan sosialisasi Perbup nomor 42 tahun 2020. Dan sesuai kesepakatan pemberlakuan Perbup nomor 42  tahun 2020 akan diberlakukan tanggal 2 Oktober 2020.

“Kita harus membangun kesadaran masyarakat secara mandiri. Saling menjaga satu sama lain agar bisa menekan  penyebaran virus Corona. Patuhi protokoler kesehatan itu salah satu upaya Pemerintah Daerah untuk mencegah  munculnya kasus baru terkonfirmasi positif Covid-19”. Kata Sutrisno. (Sry)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top