Pandemi Covid-19 Tak Halangi Langkah Haerul Distribusikan JKN-KIS

  • Whatsapp
Pandemi Covid-19 Tak Halangi Langkah Haerul Distribusikan JKN-KIS
Narasumber : Haerul Ashar
Pandemi Covid-19 Tak Halangi Langkah Haerul Distribusikan JKN-KIS
Narasumber : Haerul Ashar

Bulukumba, Upeks.co.id – Pandemi Covid-19 tidak sedikitpun menyurutkan semangat petugas distribusi kartu JKN-KIS dalam menyalurkan kartu JKN-KIS bagi peserta segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bulukumba. Hal ini ini diungkap oleh salah satu petugas distribusi kartu JKN-KIS Kabupaten Bulukumba, Haerul Ashar. Ia merupakan salah satu petugas distribusi yang bertanggung jawab menyalurkan kartu JKN-KIS hingga sampai ke penerima manfaatnya secara langsung.

“Para penerima kartu tersebut sebagian besar bekerja sebagai petani, berkebun, atau nelayan. Mereka bekerja di kebun atau di sawah hingga sore sehingga saya terkadang harus mendatangi rumah penerima kartu JKN-KIS di atas waktu magrib. Kunjungan pun bahkan hingga 3 sampai 4 kali hanya untuk menyerahkan langsung kartu JKN-KISnya,” ujar Haerul, Kamis (30/07).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakann, salah satu komitmen petugas distribusi dalam menyalurkan kartu JKN-KIS adalah menyerahkan secara langsung amplop kartu ke peserta yang namanya tertera dalam tanda terima.

“Sudah menjadi tanggung jawab kami selaku petugas Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) dan sebagai mitra BPJS Kesehatan untuk memberikan kartu JKN-KIS ini dengan cepat, sehingga kartu ini dapat segera dipergunakan oleh penerima manfaatnya jika mereka butuh,” kata Haerul.

Dengan banyaknya kartu JKN-KIS yang telah disalurkan ke penerima manfaat, terutama untuk mereka yang memiliki keterbatasan finansial, memberikan kepuasan tersendiri bagi Haerul. Masa pandemi ini bukan menjadi kendala atau halangan bagi Haerul dalam mengulurkan tangan dan menyumbangkan tenaganya untuk membantu warga Bulukumba yang kurang atau bahkan tidak mampu dalam memperoleh jaminan kesehatan yang telah disediakan oleh negara.

“Menjadi petugas distribusi banyak suka dan dukanya, tetapi rasa terbesar adalah rasa bahagianya saat kartu sampai ke tangan peserta. Apalagi yang didatangi adalah warga miskin, betapa besarnya manfaat yang akan diperoleh oleh peserta nantinya jika digunakan,” katanya. (Jamkesnews)

Pos terkait