PARIWARA

Melahirkan di Puskesmas Tak Perlu Cemas

Melahirkan di Puskesmas Tak Perlu Cemas

Narasumber : MURDA

Mamuju, Upeks.co.id – Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di tengah-tengah masyarakat Indonesia telah banyak memberikan manfaat kepada pesertanya. Seperti yang dirasakan oleh Murda (28), seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Tampapadang, Mamuju, Sulawesi Barat. Murda merupakan salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah pusat.

Murda mengaku sangat merasakan manfaat program ini saat melakukan pemeriksaan kandungan dari awal kehamilan hingga proses persalinan, dan semua itu dilakukan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

“Program JKN-KIS sangat membantu bagi masyarakat Indonesia khususnya para ibu-ibu hamil. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya. Ini merupakan kehamilan pertama saya sehingga seluruh dipersiapkan jauh-jauh hari menghadapi persalinan. Syukur saya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS jadi untuk persoalan biaya tidak perlu dipersiapkan, karena pasti BPJS Kesehatan yang akan menanggung seluruh biayanya,” ucap perempuan ini dengan yakin, Jumat (17/07).

Sejak mengetahui bahwa ia hamil, Murda mengatakan ia selalu rutin melakukan pemeriksaan setiap bulan untuk mengetahui tumbuh kembang bayi dalam kandungannya. Ia mengaku pemeriksaan tersebut dilakukan di FKTP yaitu di Puskesmas Tampapadang.

“Puskesmas Tampapadang berada dekat rumah saya. Walaupun di Puskesmas, namun fasilitas dan sumber daya manusia yang bekerja di sana sangat bagus, dan semuanya memberikan pelayanan yang terbaik. Makanya saya percaya diri melahirkan di Puskesmas ini,” papar Murda.

Murda mengatakan keraguan akan melaksanakan proses persalinan di Puskesmas yang selama ini menyelimuti pikirannya tidak terbukti, setelah ia merasakan sendiri pelayanan bersalin di Puskesmas Tampapadang.

“Alhamdulillah, semua berjalan lancar berkat petugas di Puskesmas Tampapadang memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal. Saya bersyukur sejak dari awal sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dan iurannya saya sudah dibayarkan oleh pemerintah. Ketika saya melahirkan, seluruh petugas kesehatan memberikan pelayanan terbaik,” ucap Murda sambil menggendong anak pertamanya. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top