Kejaksaan se-Sulawesi Barat Siap Dukung JKN-KIS

  • Whatsapp
Kejaksaan se-Sulawesi Barat Siap Dukung JKN-KIS

Kejaksaan se-Sulawesi Barat Siap Dukung JKN-KIS

Mamuju, Upeks.co.id – Situasi pandemi yang terjadi saat ini tak mengurangi semangat Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tingkat Provinsi Sulawesi Barat untuk terus mendukung Program JKN-KIS. Hal tersebut tandai dengan dilaksanakannya kegiatan koordinasi bersama BPJS Kesehatan Cabang Mamuju, Senin (27/7).

Bacaan Lainnya

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Barat Darmawel Aswar mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah BPJS Kesehatan karena tetap fokus pada upaya memastikan badan usaha patuh mendaftar dan membayar Iurannya.

“Meskipun kondisi ekonomi belum membaik, kita minta BPJS kesehatan tetap menjalankan tugasnya. Jangan sampai momen ini dimanfaatkan oleh badan usaha untuk menunggak dan tidak mendaftarkan karyawannya, dengan alasan Covid-19,” katanya.

Menurutnya, risiko terbesar apabila badan usaha tidak melaksanakan kewajibannya terhadap Program JKN-KIS ada pada pekerja atau karyawannya.

“Seharusnya mereka (karyawan) bisa terjamin, mereka bisa berobat menggunakan JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. Tapi apabila perusahaan tidak patuh, mereka tidak bisa mengakses pelayanan kesehatan. Ini jangan sampai terjadi,” papar Darmawel

Pada akhir sesi, Darmawel menyampaikan pesan kepada BPJS Kesehatan untuk mengutamakan kepentingan masyarakat dalam hal jaminan kesehatan.

“Saya dan seluruh jajaran di Kejati bersama Kejari di Provinsi Sulawesi Barat mendukung program ini 100 persen, tapi kami juga akan mengawal agar BPJS Kesehatan tetap pada koridornya dalam jaminan kesehatan,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar jajarannya tak akan segan menegur jika terjadi kekeliruan dari kacamata masyarakat terhadap penyelenggaraan program ini.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mamuju Indira Azis Rumalutur mengucapkan terima kasih pada dukungan Kejati dan seluruh anggota forum karena meskipun situasi masih pandemi, tidak terjadi penurunan yang signifikan dari capaian kepatuhan badan usaha.

“Berkat dukungan bapak Kejati dan Kejari se-Sulawesi Barat serta pemerintah daerah karena tak pernah lepas mengawal dan mendukung Program JKN-KIS yang merupakan program bersama untuk memastikan masyarakat bebas dari biaya kesehatan,” kata Indira. (Jamkesnews)

Pos terkait