Dinas Perpustakaan Lutim Ikuti Pekan Perpustakaan 2020

  • Whatsapp
Dinas Perpustakaan Lutim Ikuti Pekan Perpustakaan 2020

Dinas Perpustakaan Lutim Ikuti Pekan Perpustakaan 2020

LUTIM.UPEKS.co.id—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur mengikuti “Pekan  Perpustakaan Tahun 2020” yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi  Selatan.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut dalam rangka memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun  2020, yang akan berlangsung dari tanggal 05-06 Oktober 2020 di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan  Kearsipan Provinsi Sulsel.

Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Moh. Hasan,  dikemas dalam bentuk pameran Buku (Book Fair) dan beberapa lomba yaitu Lomba Bertutur bagi Pustakawan  dan Pengelola Perpustakaan, Lomba Pidato Bagi Pustakawan dan Pengelola Perpustakaan (Tema :
Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur, Satri mengungkapkan, tujuan pelaksanaan  kegiatan ini untuk menumbuhkan budaya gemar membaca bagi masyarakat, mengkampanyekan dan  mempromosikan perpustakaan dalam rangka peningkatan kegemaran membaca, meningkatkan peran
masyarakat dan stakeholder untuk mewujudkan masyarakat yang cinta buku dan gemar membaca.

“Tujuan yang terakhir ialah mendukung tercapainya sasaran nasional melalui kegiatan pemasyarakatan  perpustakaan dan minat baca dalam mewujudkan masyarakat yang cerdas, produktif, inovatif dan kompetitif,” ujar  Satri, Senin (05/10/2020).

Kegiatan pekan perpustakaan tahun 2020 ini, sambungnya, dilaksanakan dalam bentuk pameran buku dan koleksi  perpustakaan lainnya, pameran alat peraga IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Daerah), serta pameran  berbagai produk hasil binaan perpustakaan sebagai bagian dari transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial  (Literasi untuk Kesejahteraan).

“Lomba tersebut diikuti peserta dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah/Kota, Perpustakaan Perguruan  Tinggi dan Perpustakaan Khusus/Instansi, Penerbit Buku dan Toko Buku, DWP Dinas Perpustakaan Sulsel,  Khabar Grup Indonesia, TP PKK Sulsel, dan Dekranasda Makassar,” ungkap Satri. (hms/rls)

Pos terkait