Capai Target PRB, BPJS Kesehatan Kendari Apresiasi BLUD RS Bahteramas dan RSUD Kota Kendari

  • Whatsapp
Capai Target PRB, BPJS Kesehatan Kendari Apresiasi BLUD RS Bahteramas dan RSUD Kota Kendari

Capai Target PRB, BPJS Kesehatan Kendari Apresiasi BLUD RS Bahteramas dan RSUD Kota Kendari

Kendari, Upeks.co.id – Dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan Program Rujuk Balik (PRB) di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan Cabang Kendari melaksanakan implementasi rekrutmen peserta PRB di FKRTL, Senin (27/07). Acara ini dihadiri oleh Person In Charge (PIC) PRB FKRTL se wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kendari.

Bacaan Lainnya

“PRB merupakan program pemerintah sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan dan pelaksanaannya menjadi tanggung jawab bersama sehingga perlu koordinasi dan monitoring secara berkala antara BPJS Kesehatan, rumah sakit, apotek maupun FKTP,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kendari Iwan Kurnia.

Lebih lanjut Iwan menyampaikan apresiasi kepada para PIC PRB Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RS Bahteramas dan RSUD Kota Kendari atas capaian rekrutmen peserta PRB baru yang telah melebihi target rekrutmen peserta PRB tahun 2020.

“Melalui kegiatan ini diharapkan peserta dapat berbagi mengenai hal-hal yang telah dilakukan untuk merekrut peserta PRB dan kendala-kendala yang dihadapi di lapangan, sehingga rekrutmen PRB akan meningkat dan pelayanan terbaik dapat diberikan kepada peserta. Karena jika sudah terdaftar PRB, maka akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk pelayanan obat lebih mudah,” kata Iwan.

Iwan juga menjelaskan bahwa evaluasi dan pemantapan PIC PRB ini adalah untuk mengoptimalkan peran FKRTL dalam pelaksanaan PRB. Para PIC PRB yang akan mendaftarkan peserta penderita penyakit kronis melalui aplikasi harus memastikan bahwa peserta tersebut layak terdaftar dalam PRB dengan memastikan 3B, yaitu benar diagnosanya, benar kondisinya stabil dan benar obatnya.

“PIC PRB di FKRTL harus benar-benar melakukan validasi 3B sebelum mendaftarkan peserta PRB dengan memastikan Surat Rujuk Balik (SRB) terisi lengkap serta memastikan obat masuk dalam daftar obat PRB dan sesuai retriksi dan peresepan maksimal. Selanjutnya kami berharap agar rumah sakit dapat menyusun Standard Operating Procedure (SOP) rekrutmen peserta PRB,” harap Iwan.

Sementara itu, PIC PRB RSUD Kota Kendari, Rosita menyampaikan hal-hal yang telah dilaksanakan oleh RSUD Kota Kendari sehingga rekrutmen peserta PRB tercapai.

“Penting bagi PIC PRB untuk memahami tentang alur pelayanan peserta PRB dan cakupan penyakit PRB sehingga kita bisa mengedukasi pasien dengan baik. Mudah-mudahan kami dapat terus berinovasi mengembangkan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk peserta PRB,” kata Rosita. (Jamkesnews)

Pos terkait