PARIWARA

Fitur Konsultasi Dokter di Mobile JKN Bisa Cegah Risiko Penyebaran Covid-19

Fitur Konsultasi Dokter di Mobile JKN Bisa Cegah Risiko Penyebaran Covid-19

Narasumber : dr Lindawaty

Mamuju, Upeks.co.id – Pengembangan fitur aplikasi Mobile JKN telah banyak dirasakan oleh masyarakat dan fasilitas kesehatan (faskes) yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Salah satunya yaitu fitur Konsultasi Dokter.

“Pada menu Konsultasi Dokter, peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara online. Untuk daerah Kabupaten Mamuju manfaat ini bisa dimanfaatkan di 11 faskes yang telah bekerja sama,” papar Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Kantor Cabang Mamuju Nurbaya Basmar, Kamis (18/06).

Ia memaparkan, faskes yang telah memanfaatkan fitur ini di antaranya 9 Dokter Praktek Pratama (DPP) dan 2 Puskesmas. Ia juga berharap ke depannya seluruh faskes yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dapat terkoneksi dan melayani peserta melalui secara online.

“Di tengah gelombang pandemi Covid-19 yang melanda, kita dituntut untuk bagaimana lebih kreatif memanfaatkan teknologi yang ada. BPJS Kesehatan melihat dengan pengembangan fitur pada Mobile JKN bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta dengan tetap memperhatikan physical distancing. Dengan fitur ini, peserta tidak perlu lagi berkunjung ke faskes jika sekedar akan berkonsultasi dengan dokter, sehingga bisa meminimalisir risiko penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Mobile JKN digunakan oleh peserta JKN-KIS yang telah mengunduh dapat melakukan konsultasi secara online dengan dokter pada jadwal online dokter. Saat konsultasi, baik peserta maupun dokter juga dapat melampirkan foto pada chat tersebut sehingga dapat membantu peserta yang berkonsultasi.

“Peserta juga dapat memberikan rating atas pelayanan yang telah diterima sehinggga faskes dapat berbenah dari rating sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta,” papar Nurbaya.

Salah satu dari 9 Dokter Praktek Pratama (DPP) yang telah menerapkan fitur ini, Lindawaty, mengatakan inovasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui konsultasi secara online ini adalah upaya yang efektif dalam menjaga keselamatan peserta dan tenaga medis dari penyebaran Covid-19.

“Dengan terus pengembangan pada aplikasi ini, peserta JKN-KIS akan semakin merasakan kemudahan, mulai dari antrean online sampai dengan konsultasi dokter ini. Kami sebagai pemberi layanan juga akan semakin giat untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta,” tambah Lindawaty. (Jamkesnews)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#TRENDING

To Top