Urus BPJS Kesehatan, Cukup Dari Rumah Saja

  • Whatsapp

Urus BPJS Kesehatan, Cukup Dari Rumah Saja

 

Baubau, Upeks.co.id – Salah satu bentuk kebijakan dalam upaya pencegahan virus corona adalah dengan melakukan pembatasan layanan pada hampir semua instansi pelayanan publik. Hal tersebut juga berlaku di BPJS Kesehatan seperti yang disampaikan Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Baubau Barlianta Shaleh. Di tengah mewabahnya corona, untuk pengurusan administrasi BPJS Kesehatan cukup dilakukan di rumah menggunakan handphone melalui kemudahan-kemudahan akses yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan.

“Pada pertengahan Maret lalu, BPJS Kesehatan resmi mengumumkan bahwa pelayanan melalui tatap langsung di Kantor BPJS Kesehatan terbatas pada pelayanan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), pengaduan yang membutuhkan penyelesaian segera, serta peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan segera,” jelasnya, Selasa (31/03).

Meskipun pelayanan melalui tatap langsung di Kantor BPJS Kesehatan dibatasi, ia mengatakan bahwa peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir karena pelayanan administrasi yang biasanya dilaksanakan di kantor cabang maupun kantor kabupaten dapat dilakukan secara mandiri oleh peserta dengan memanfaatkan berbagai alternatif yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan.

“Misalnya untuk pendaftaran peserta mandiri, perubahan alamat, nomor handphone dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dapat menggunakan Mobile JKN serta penambahan anggota keluarga peserta mandiri serta perubahan data (NIK, nama, tempat tanggal lahir) dapat dilakukan melalui telepon BPJS Kesehatan Care Center 1500 400. Selain itu ada Chat Assistant JKN (Chika) yang merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui Facebook Massenger, Telegram dan WhatsApp serta Voice Interactive JKN (Vika) untuk cek status kepesertaan dan cek tagihan melaui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” paparnya.

Salah seorang peserta yang berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Aifi (60), mengakui kemudahan akses yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN, Chika, serta BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 pada masa pembatasan layanan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

“Saya kira virus corona ini memang sangat berbahaya. Kebijakan pembatasan layanan saya kira tidak masalah jika kantornya telah mengakomodir keperluan masyarakat melalui layanan tehnologi yang bisa diakses oleh masyarakat luas, seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Baubau,” pungkasnya. (Jamkesnews)

Pos terkait